Fakultas Kesehatan Masyarakat Sukses Jadi Co-Host Webinar Nasional

fkm unej

Jember, 26 Oktober 2017

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember menjadi salah satu Co-Host dalam acara Webinar (seminar online) Forum Nasional Kebijakan Kesehatan Indonesia VII,(25-26/10). Acara seminar yang dilakukan secara online (live streaming) ini dipusatkan di Fakultas Kedokteran Kampus UGM dan diikuti oleh 10 kota lain dari Medan sampai Jayapura. Dalam acara ini FKM Universitas Jember menghadirkan 33 peserta yang terdiri mahasiswa program Sarjana dan Pascasarjana untuk menyaksikan secara bersama siaran live streaming di ruang sidang lantai II kantor pusat Universitas Jember.

“Alhamdilillah untuk pertama kalinya kita bisa turut berpartisapasi langsung sebagai co-host dalam Webinar yang diselenggarakan oleh Forum Nasional Kebijakan Kesehatan Indonesia. Menurut kami acara ini sungguh luar biasa sekali karena para peserta bisa mengikuti seminar tanpa harus hadir langsung ke lokasi,” ujar Irma Prasetyowati, S.KM., M.Kes, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember.

Irma mengatakan, seminar online ini tentunya akan memberikan beragam kemudahan bagi seluruh peserta yang hadir. Menurutnya, selain hemat biaya para peserta bisa mengikuti seminar layaknya seminar lain yang dilakukan secara ofline.

“ Peserta yang hadir bisa menyaksikan secara penuh paparan pemateri yang disampai di FK UGM. Tidak hanya menyaksikan namun peserta juga bisa berinteraksi dengan pemateri seperti halnya berkomentar, berdiskusi ataupun ataupun melakukan presentasi hasil penelitian sesuai dengan arahan moderator yang ada di pusat siaran dalam hal ini FK UGM,” jelas Irma.

Irma menjelaskan, pada webinar kali ini panitia pusat mengusung tema “Monitoring Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional Menuju Pencapaian UHC 2019 dan Pengalaman Empirik Dalam Penyusunan Kebijakan di Level Pemerintah Pusat Dan Daerah.” Menurut Irma, tema ini dipilih dikarena isue jaminan kesehatan nasional hingga saat ini masih menjadi isu yang sangat menarik untuk dibahas.

“Karena hingga saat ini jaminan kesahatan nasional yang dilakukan melalui mekanisme BPJS masih dihadapkan beragam persoalan. Hal semakin menimbulkan tanda tanya apakah target pencapaian Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2019 akan terpenuhi atau tidak mengingat saat ini sudah hampir memasuki akhir tahun 2018,” imbuh Irma.

Dalam acara ini panitia pusat juga menghadirkan menteri kesehatan Nila Moeloek yang memberikan sambutan secara online live streaming dari Jakarta.

Sementara itu, Andrei Ramani kordinator tim IT webinar mengatakan FKM Universitas Jember mendapatkan pujian dari panitia pusat. Karena menurutnya, dari 12 saluran live streaming kualitas audio video dari FKM sangat baik dan terbaik diantara saluran yang lain.

“Alhamdulillah kami didukung dengan koneksi yang sangat baik. Tim audio video yang ditangani langsung oleh bagian Humas dan Protokol Universitas Jember menghasilkan kualitas yang sangat baik. Kami juga didukung oleh tim jaringan UPT TI (Unit Pelayan Teknis Teknologi Informasi) Universitas Jember,” ujar Andrei.