Fakultas Kedokteran Universitas Jember Raih Akreditasi A

Jember, 18 Oktober 2016

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember meraih akreditasi A. Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh Dekan FK Universitas Jember, dr. Enny Suswati, M.Kes pada saat upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Periode III Tahun 2016 di Ruang Auditorium Fakultas Kedokteran Kampus Tegalboto (18/10). “Alhamdulillah, berdasarkan surat keputusan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKES) nomor 0803/LAM-PTKes/Akr/Sar/X/2016 dan surat keputusan nomor 0804/LAM-PTKes/Akr/Sar/X/2016, Fakultas kedokteran Universitas Jember mendapatkan akreditasi A, untuk pendidikan sarjana dan pendidikan profesinya,” ujar dekan disambut meriah para hadirin.

Seusai acara, Enny menjelaskan jika keberhasilan meraih akreditasi A adalah hasil kerja keras semua pihak. “Kami melakukan update data untuk persiapan visitasi akreditasi ini sejak tahun 2013 hingga akhir 2015, dibantu oleh tim Gugus Penjamin Mutu Fakultas Kedokteran di bawah arahan Badan Penjamin Mutu Universitas Jember. Kami juga melakukan pendampingan selama enam bulan sebelum visitasi dilakukan. Oleh karena itu terima kasih kepada seluruh sivitas akademika Fakultas Kedokteran, dan pihak rektorat yang sudah bekerja keras membantu visitasi akreditasi bulan September kemarin,” tutur Enny.

Enny lantas menambahkan, ada tujuh aspek yang menjadi penilaian, yaitu visi dan misi, manajemen, mahasiswa, SDM, keuangan, sarana dan prasarana, serta penelitian dan pengabdian masyarakat. “Meski masih ada kekurangan, kami terus berusaha memperbaiki misalnya saja dalam bidang  sarana dan prasarana, Jumat lalu FK Universitas Jember meresmikan Laboratorium Ketrampilan Klinik yang baru saja diresmikan. Laboratorium ini berfungsi sebagai tempat praktek bagi para calon dokter untuk melatih kemampuannya dalam menangani pasien dengan menggunakan manekin sebelum akhirnya terjun di lapangan untuk menangani pasien secara langsung,” tambah Enny. Laboratorium Ketrampilan Klinik ini terdiri dari ruang kelas dan seminar di lantai satu, dan 24 ruang ketrampilan untuk ujian, satu ruang penyimpanan alat, serta satu ruang pendukung di lantai dua dan tiga.

Pembantu Rektor I, Drs. Zulfikar, Ph.D, yang turut hadir dalam acara pelantikan ini, dalam sambutannya juga menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas kerja keras seluruh sivitas akademika Fakultas Kedokteran sehingga meraih akreditasi A. “Saya ucapkan selamat atas diraihnya akreditasi A Fakultas Kedokteran tahun 2016. Akreditasi A ini merupakan hal yang membanggakan bagi kami, mengingat proses untuk meraih akreditasi A ini merupakan yang paling cepat,” ujar Zulfikar. Dalam pengambilan sumpah dan pelantikan dokter kali ini diikuti oleh 10 orang dokter yang terdiri dari 6 dokter pria dan 4 dokter perempuan.

Sementara itu pada kesempatan terpisah, Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember memberikan penghargaan atas prestasi FK Universitas Jember meraih akreditasi A. Penghargaan ini berupa  dana hibah sebesar 60 juta rupiah. “Selain itu kami akan membantu pembangunan  gedung pendukung kegiatan akademik lima lantai, harapannya prestasi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” tutur rektor. (lid/mun)

Leave us a Comment