Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Tangani 1500 pasien

Jember, 9 Oktober 2015

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember bekerja sama dengan PT Unilever Tbk kembali menggelar periksa gigi gratis dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) ke-6 tahun 2015. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 8 – 10 Oktober 2015 di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember. Penyelenggara menargetkan akan menangani 1500 pasien dalam acara ini.

Dalam sambutan di pembukaan acara Dekan FKG Universitas Jember drg. Rahardian Parna Aji, M.Kes., Sp.Pros. menyampaikan sebenarnya masyarakat Indonesia sudah memiliki kesadaran untuk menyikat gigi, tetapi permasalahannya mereka masih kurang memahami cara dan waktu yang tepat untuk menggosok gigi yang baik dan benar. Itu menjadikan bahan kajian mengapa tingkat kerusakan gigi di masyarakat Indonesia terbilang masih tinggi.

Dalam lingkup Kabupaten Jember drg. Rahardian menyatakan ada tiga komponen yang berperan penting terhadap peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat yaitu pemerintah kabupaten dalam hal ini dinas kesehatan dan rumah sakit, yang kedua FKG melalui pengembangan IPTEK dokter giginya, ketiga melalui organisasi profesi Persatuan Dokter Gigi Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Direktur I RSGM Universitas Jember drg.Sulistiyani, M.Kes menjelaskan acara ini akan mengikutsertakan siswa-siswi dari 19 sekolah mulai PAUD, TK, SD, SMP dan SMA yang tersebar di Kabupaten Jember. Ia menambahkan “Mereka akan mendapatkan edukasi, serta pemeriksaan dan perawatan gigi gratis. Edukasi serta pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang didapatkan berupa penyuluhan maupun praktek sikat gigi yang baik dan benar serta penambalan, pencabutan dan tindakan pencegahan penyakit gigi dan mulut bagi anak-anak”.

Sementara itu perwakilan dari PT Unilever Tbk. drg.Anindita Cita Warastri Assistant Brand Manager Pepsodent menyampaikan RSGM Universitas Jember merupakan RSGM ke-8 yang dikunjungi oleh Pepsodent dalam rangka acara BKGN tahun 2015 dan akan dilanjutkan ke-12 RSGM lainnya yang tersebar di 14 kota di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi serta membiasakan masyarakat Indonesia merawat kesehatan gigi serta memeriksakan diri ke dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali. (Tfk)

Leave us a Comment