Fakultas Kedokteran Gigi  Universitas Jember Periksa 2000 Pasien Dalam Rangka BKGN

Jember, 23 September 2016

Fakultas Kedoktergan Gigi (FKG) Universitas Jember, bekerja sama dengan PT Unilever Tbk kembali mengadakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2016 untuk yang ke tujuh kalinya. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, pada 22-24 September 2016 di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember. “Tahun ini kami mengerahkan 65 orang dosen, dan 130 orang dokter gigi muda yang tengah melaksanakan ko asistensi. Targetnya, selama tiga hari pelaksanaan akan ada 2000 pasien yang dilayani secara gratis,” ujar Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, drg. Rahardyan Parnaadji, M.Kes. Sp.Prost., saat ditemui di sela-sela acara (23/9).

Tidak hanya memberikan layanan pemeriksaan gigi, FKG Universitas Jember juga memberikan edukasi mengenai bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan gigi kepada 250 siswa SD dari beberapa sekolah yang ada di seputaran kampus Tegalboto. Pelaksanaan BKGN tahun ini mengusung tema 1001 Senyum di Bulan Kesehatan Nasional. “Kegiatan BKGN ini menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dari FKG Universitas Jember, sebagai upaya untuk memperbaiki kesehatan gigi dan mulut masyarakat Jember. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari penyuluhan, pelatihan cara sikat gigi yang benar, serta pemeriksaan dan perawatan gigi serta mulut bagi masyarakat di Jember,” tutur Rahardian.

Masih menurut Dekan FKG, BKGN rutin diadakan karena berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007, menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat Indonesia sudah menyikat gigi dua kali sehari. Tetapi sayangnya hanya 2,3 persen yang sudah melakukannya di waktu yang tepat, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Hal ini menyebabkan 25,9 persen masyarakat Indonesia mempunyai masalah kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan data tersebut, maka Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat dengan menjalankan program preventif, yang dapat mengubah perilaku penduduk dalam kebiasaan menyikat gigi. “Kami berharap BKGN 2016 ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat Jember serta dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat, khususnya Jember dan sekitarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana BKGN 2016, drg. Izzata Barid, M.Kes., menyampaikan bahwa program BKGN 2016 sudah mengarah kepada program bersifat preventif, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang masih bersifat kuratif. ”Penyakit gigi yang banyak diderita oleh masyarakat kita adalah karies dan jaringan periodontal,  keduanya disebabkan oleh cara menyikat gigi yang salah. Oleh karena itu dalam BKGN tahun ini kami berupaya untuk memberikan edukasi bagaimana menyikat dan cara merawat gigi sebagai bentuk upaya preventif dalam menangani penyakit tersebut,” tutur Izzata. Sampai hari kedua (23/9) pelaksanaan BKGN 2016, tercatat 1700 pasien yang sudah ditangani. Angka tersebut masih dapat terus bertambah, bahkan diperkirakan akan melebihi target sebanyak 2000 pasien, mengingat BKGN masih akan berlangsung sampai hari Sabtu (24/9) esok. (lid)

Leave us a Comment