Fakultas Hukum Gelar Dialog Publik RUU Keamanan Nasional

Jember, 23 Desember 2014

Departemen Pertahanan Republik Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Jember menggelar acara konsultasi publik Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Keamanan Nasional, (22/12). Acara yang digelar di gedung Auditorium Fakultas Hukum ini dihadiri oleh mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat swasta maupun pemerintah dan para akademisi se-Karisidenan Besuki.

Marsekal Pertama Bambang Eko, S.H., M.H. yang dalam hal ini mewakili Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menjelaskan tentang kronologis Rancangan Undang-Undang tentang Keamanan Nasional. Menurutnya Undang-Undang tersebut sangatlah diperlukan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia sebagaimana diamanahkan di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

“Hampir seluruh negara sudah memiliki Undang-Undang Keamanan Nasional sekarang saatnya kita juga memilikinya,” ujarnya.

Senadada dengan Eko, Dr. Kusnanto Anggoro dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia mengatakan, Undang-Undang Kemanan Nasional yang saat ini masih berupa rancangan diharapkan mampu menjawab segala ancaman yang bisa mengganggu stabilitas keamanan nasional.

“Secara pribadi saya sangat setuju dengan RUU Keamanan Nasional karena pada akhirnya Undang-Undang ini bisa memberikan ruang kepada instansi yang bertanggung jawab terhadap stabilitas keamanan nasional bangsa Indonesia,” ujar pria yang akrab disapa Anggoro ini.

Anggoro berharap jika memang dijadikan sebuah Undang-undang saya harap pada pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik. “Saya harap pada pelaksanaannya kelak dalam pelaksanaannya tanpa mengorbankan maupun mencederai terutama yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia,” imbuh Anggoro.

Acara ini juga dihadiri langsung oleh  Komandan  Kodim beserta staf 4 perwira, Kapolres beserta staf 4 perwira, asisen 1 kabag pemerintahan, kabag hukum, ketua DPRD beserta wakil Ketua Kabupaten Jember, ketua komisi A se ek Karisidenan Besuki, Kepala Kejaksaan, Pengadilan Negeri Jember, Kepala Dinas Kesehatan, BPBD, Kepala Bakesbanpol Jember, Perguruan Tinggi Negeri danSwasta se ek Karisidenan Besuki,Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, Lembaga Swadaya Masyarakat, Badan Pertanahan Nasional Kab. Jember. (Mj)

Leave us a Comment