Fakultas Ekonomi Gelar Seminar Nasional Pengembangan Ekonomi Daerah

Jember, 11 Maret 2014

Fakultas Ekonomi Universitas Jember menggelar seminar nasional pengembangan ekonomi daerah. Acara yang bekerja sama dengan Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) ini mengusung tema “Peranan Bank Indonesia Dalam Pengembangan Ekonomi Daerah.” Acara yang digelar di ruang multimedia Fakultas Ekonomi Universitas Jember ini diikuti oleh 100 orang lebih yang terdiri dari pejabat pemerintah daerah, instansi terkait dan para mahasiswa dari beberapa Fakultas yang ada di Universitas Jember.

Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dr. M. Fathorrazi, M.Si. Dalam pembukaannya dia menyampaikan, dalam pemecahan masalah pengembangan daerah diperlukan suatu dialog antara pemerintah pusat dan daerah. Menurutnya masyarakat juga perlu kiranya dilibatkan dalam rangka pengembangan ekonomi daerah. “Perlu adanya dialog antara pemerintah dan masyarakat dalam memecah persoalan pengembangan daerah” ungkapnya.

Selain permasalahan pengembangan ekonomi daerah dia juga menyampaikan pentingnya pemerintah daerah mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi pasar bebas ASEAN 2015 mendatang. “Pemerintah terutama pemerintah daerah perlu mengambil kebijakan politik dalam rangka mempersiapkan pasar bebas wilayah ASEAN” imbuhnyya.

Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD Rektor Universitas Jember juga hadir sebagai keynote speaker. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan, tingkat perekonomian jember jika dibandingkan dengan daerah yang lain sudah cukup bagus dan memiliki beberapa keunggulan. Oleh karena itu pemerintah juga harus membangun kemajuan pada setiap potensi yang ada dan Universitas Jember juga harus turut berperan secara aktif. Menurutnya hal itu sangat penting dilakukan untuk menyongsong pasar bebas ASEAN 2015 mendatang.

Hadir sebagai pemateri Masitah, S.Ag, M.Pd yang merupakan anggota Komisi XI DPR RI. Ir. M Fadhil Hasan,M.Sc,Ph.D dan Prof. Sri Adiningsih M.Sc,Ph.D dari BSBI Jakarta juga turut hadir menyampaikan materi mengenai kondisi ekonomi Indonesia dan peranan kantor perwakilan Bank Indonesia dalam Pembangunan Daerah.

Achmad Bunyamin Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember turut menyampaikan materi mengenai peran kantor perwakilan Bank Indonesia dalam mendorong perekonomian daerah. Sedangkan Adhitya Wardhono,M.Sc,Ph.D dosen Fakultas Ekonomi menyamppaikan materi mengenai peran Bank Indonesia pasca terbentuknya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harapan dan tantangan. (Mj)

Leave us a Comment