Eratkan Persahabatan Antar Mahasiswa, Paguyuban Mahasiswa Daerah Adakan Pagelaran Budaya dan Pameran Produk Daerah

Jember, 21 November 2016

Hari Sabtu malam (19/11), Gedung Sutardjo, Universitas Jember tampak ramai dibanding hari biasanya, pasalnya paguyuban mahasiswa daerah yang ada di Universitas Jember menggelar kegiatan  “Pagelaran Budaya dan Pameran Produk Daerah”. Kegiatan ini adalah acara unjuk budaya dan produk daerah oleh para mahasiswa Universitas Jember, yang tergabung dalam paguyuban mahasiswa daerah. Sebanyak tujuh belas paguyuban mahasiswa daerah yang ada di kampus Tegalboto turut berpartisipasi, antara lain paguyuban Horas Medan, IMADA Jakarta, JongMa Madura, IKMM Mojokerto, IKMJJ Jombang, Maharema Malang dan paguyuban lainnya.

Menurut Aditya Batara dari Kemapata (Keluarga Mahasiswa dan Pelajar Blitar), acara ini digelar dalam rangka memupuk persahabatan di antara mahasiswa Universitas Jember  yang berasal dari berbagai daerah, melalui budaya dan produk khas masing-masing daerah. “Kami menggelar acara bertajuk Cita Rasa Nusantara dengan mengundang seluruh paguyuban mahasiswa daerah yang ada di Universitas Jember, sebagai  bukti bahwa jalinan persahabatan antar mahasiswa dari berbagai daerah di Kampus Tegalboto berjalan dengan baik. Yang kedua, dalam rangka turut memeriahkan Dies Natalis ke 52 Universitas Jember,” tutur Aditya yang mengharapkan acara seperti ini bakal digelar secara rutin.

Lutfi Yazid, pegiat Kemapata lainnya menjelaskan bahwa setiap paguyuban daerah diberi kesempatan menampilkan budaya dan produk khas daerahnya. Misalnya IMADA Jakarta dengan dodol Betawi, IKMM Mojokerto dengan krupuk rambaknya, Horas Medan dengan kain ulosnya, serta Kemapata Blitar dengan wajik kletiknya.  “Kawan-kawan juga menampilkan tarian dari daerahnya masing-masing seperti Reog Ponorogo, Ondel-Ondel Betawi serta tarian khas Jember seperti tari Labako dan Petik Kopi. Khusus Kemapata Blitar menampilkan tari Emprok ,” jelas Lutfi.  Lutfi lantas berharap agar acara ini menjadi wahana bagi mahasiswa untuk berinteraksi, dan saling bertukar informasi mengenal budaya dari berbagai daerah, sehingga diharapkan dapat tumbuh rasa saling memahami agar tercipta harmonisasi.

Sementara itu ditemui di sela-sela kesibukannya (21/11), Agung Purwanto Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember menyambut baik ide paguyuban mahasiswa daerah yang ada di Kampus Tegalboto  menggelar acara yang mempertemukan seluruh paguyuban mahasiswa daerah. “Acara Cita Rasa Nusantara membuktikan bahwa Kampus Tegalboto benar-benar menjadi Kampus Kebangsaan yang menjadi perekat mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah, Kampus Tegalboto menjadi miniatur Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya. (Kemapata/Humas UNEJ)

Leave us a Comment