Dosen dan Mahasiswa Kampus Lumajang Gelar Bhakti Sosial Di SDN Karanglo 01

BaksosLmj-3-320×240

Lumajang, 5 November 2018

Dosen dan mahasiswa Program Studi Diploma Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menggelar bhakti sosial berupa penyuluhan gaya hidup bersih. Kali ini bhakti sosial ditujukan bagi siswa siswi SDN karanglo 01 Kecamatan Kunir, Lumajang (27/10). Menurut Achlish Abdillah, penanggungjawab kegiatan, SDN Karanglo 01 dipilih mengingat kondisi sekolah yang belum ideal jika dilihat dari standar kesehatan. Kegiatan bhakti sosial juga diharapkan menjadi wahana pengabdian kepada masyarakat bagi dosen, sementara mahasiswa mendapatkan kesempatan mempraktekkan ilmu yang sudah didapat di bangku kuliah. Tercatat ada 76 siswa siswi SDN Karanglo 01 yang turut mendapatkan penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan sarapan pagi, serta cara menyikat gigi.

“Kami memilih SDN Karanglo 01 karena memang kondisinya masih memerlukan masukan sisi kesehatan, misalnya minimnya pengetahuan kesehatan bagi murid, ruangan kelas yang sempit, tidak adanya kantin sehat, hingga belum adanya ruang Unit Kesehatan Sekolah yang memadai,” tutur Mentari Anita Putri, ketua panitia kegiatan yang pagi itu menjadi koordinator mahasiswa yang mewakili Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi Diploma 3 Keperawatan. Pernyataan Mentari didukung oleh Syaifuddin Kurnianto, pembina Hima Program Studi Diploma 3 Keperawatan, yang turut mengawasi para mahasiswanya. “Kami dorong mahasiswa agar mampu memberikan penyuluhan bagi anak-anak dengan cara yang kreatif dan atraktif agar mampu diterima dengan baik oleh siswa di SDN Karanglo 01 sini,” ujarnya.

Harapannya, penyuluhan yang diberikan dapat mengubah kebiasaan para siswa siswi di SD Karanglo 01, agar senantiasa menerapkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dengan, mencuci tangan dengan enam langkah yang baik dan  benar, mencuci tangan menggunakan  air dan sabun ataupun hand sanitizer, dan tak lupa menggosok gigi dengan benar pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Juga selalu sarapan ketika akan berangkat sekolah. Selain memberikan penyuluhan, Program Diploma 3 Keperawatan Universitas Kampus Lumajang juga memberikan bantuan berupa alat P3K kepada SDN Karanglo 01.

   Pemateri yang tampil adalah para perwakilan mahasiswa tahun pertama dan kedua, dimana setiap kelas diisi oleh dua mahasiswa. “Ada tiga materi yang kami berikan, pertama bagaimana menjaga kesehatan khususnya kesehatan tangan, cara menyikat gigi yang benar serta mengingatkan siswa akan pentingnya sarapan sebelum ke sekolah,” kata Mentari. Selain memberikan penyuluhan, mahasiswa Universitas Jember Kampus Lumajang juga membentuk Kader Perawat Cilik SDN Karanglo 01. “Kami memilih enam siswa, dari kelas 4 dan kelas 5. Harapannya, mereka bakal menjadi contoh bagi kawan-kawannya dalam menjaga kesehatan,” imbuh Mentari. Seusai penyampaian materi, siswa siswi lantas diajak praktek bersama cara menyikat gigi yang baik dan benar di halaman sekolah. (tim Berkarya Lumajang)