Dorong Siswa Lanjutkan Pendidikan Ke PT, SMA Menganti Gresik Kunjungi Universitas Jember

Jember, 12 Februari 2016

            Berawal dari fakta dimana jumlah siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih sedikit, SMAN Menganti Gresik memutuskan mengadakan kegiatan study tour mengunjungi kampus Universitas Jember (12/2). Kegiatan ini dirancang guna  menumbuhkan motivasi siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri. “Dari data yang ada, setiap tahunnya rata-rata hanya lima puluh persen siswa SMAN menganti Gresik yang meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi, sisanya lebih memilih untuk bekerja,” jelas Hari Susanto, guru SMAN Menganti yang memimpin rombongan.

“Dengan mengunjungi langsung kampus Tegalboto dan mendengar penjelasan langsung dari pihak Universitas Jember, kami harapkan anak-anak mendapatkan wawasan baru. Dan kemudian timbul motivasi untuk melanjutkan studi ke Universitas Jember pada khususnya, dan PTN pada umumnya,” tambah Hari Susanto yang dalam kunjungannya kali ini membawa 253 siswa kelas XI dan 14 orang guru. Kunjungan SMAN Menganti ini langsung diterima oleh Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol beserta staf.

Dalam sambutan selamat datangnya, Agung Purwanto menilai kegiatan kunjungan SMA Menganti ke Universitas Jember adalah langkah yang bijaksana. Pasalnya siswa akan dapat mengetahui langsung bagaimanakah sebuah perguruan tinggi, lengkap dengan berbagai informasi yang dibutuhkan. “Apalagi saat ini adalah masa pengisian dan verifikasi nilai di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa dalam rangka Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2016. Jadi selain mendapatkan informasi terkait kampus Tegalboto, juga dapat mengetahui prosedur pendaftaran menjadi mahasiswa baru,” kata Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember.

Di sela-sela acara, Agung Purwanto kemudian menjelaskan bahwa ada kaitan antara jumlah siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dengan akreditasi sebuah sekolah. “Makin banyak siswa sebuah sekolah yang berhasil diterima di sebuah PTN, maka tentu saja berdampak baik bagi akreditasi sekolah, apalagi jika siswanya berprestasi selama kuliah. Maka tidak heran jika skolah berusaha mendorong siswanya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” tutur Agung Purwanto lagi.

            Setelah puas mendapatkan pemaparan informasi mengenai sejarah, perkembangan dan seluk beluk mengenai kampus Tegalboto, para siswa diajak untuk berkeliling kampus Tegalboto. (lida/dian)

Leave us a Comment