Dokter Gigi Baru Diharapkan Mandiri, Terampil dan Kreatif

FKG_UNEJ-630x330px (1)

Jember, 22 Maret 2017

Para dokter gigi baru lulusan Universitas Jember diharapkan menjadi dokter gigi yang mandiri, terampil dan kreatif. Pesan ini disampaikan langsung oleh drg. Rahardyan Parnaadji, M.Kes. Sp. Prost, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember saat upacara Sumpah dan Pelantikan Dokter Gigi Periode III Angkatan 82 Tahun Ajaran 2016/2017, Selasa (21/3). “Tugas dan tanggung jawab yang diemban para dokter gigi baru di era saat ini tidaklah ringan, karena dokter gigi dituntut berperan serta aktif dalam pembangunan kesehatan gigi dan mulut Indonesia yang kompleks,” pesan dekan. Turut hadir dalam acara kali ini Rektor. Moh. Hasan, PhD.

Rahardyan lantas menjelaskan, bahwa kondisi masyarakat saat ini berbeda dengan era sebelumnya, dimana makin banyak warga masyarakat sudah lebih sadar akan kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, kondisi ini wajib disikapi oleh para dokter gigi baru dengan mengembangkan etos profesionalisme serta kesediaan untuk terus belajar. “Disumpah dan dilantik sebagai dokter gigi baru bukan berarti Anda semua lantas berhenti belajar, justru harus makin giat belajar. Bedanya jika dulu belajar di kampus, kini Anda belajar berdasarkan pengalaman nyata sehari-hari,” ujarnya. Upacara sumpah  dan pelatikan kali ini diikuti oleh tujuh belas dokter gigi baru di Aula Fakultas Kedokteran Gigi.

Untuk mencetak dokter gigi yang mandiri, terampil dan kreatif, FKG Universitas Jember tidak hanya membekali lulusannya dengan ilmu kedokteran gigi saja, namun dengan ketrampilan lainnya. “Sebelum disumpah dan dilantik, para dokter gigi baru telah mengikuti pelatihan kepemimpinan  dan kewirausahaan, semua itu bertujuan untuk meningkatkan soft skill khususnya dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan di bidang kesehatan. Harapan kami, itu semua dapat mendukung serta melengkapi kemampuan profesi yang telah saudara dapatkan, sehingga saudara menjadi dokter gigi yang mandiri, terampil, dan kreatif,” imbuh Rahardyan lagi.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Moh.Hasan, Rektor Universitas Jember, juga berharap para dokter gigi baru dapat mengabdikan diri kepada masyarakat dengan bekal dan pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi serta profesionalisme dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang telah dimiliki. Moh. Hasan menambahkan, dokter baru gigi diharapkan dapat terus mengembangkan ilmu pengetahuan serta senantiasa menjaga dan menjunjung tinggi nama baik almamater Universitas Jember. Sejak berdirinya Pendidikan Dokter Gigi di Universitas Jember,  sampai saat ini Fakultas Kedokteran Gigi Kampus Tegalboto telah berhasil meluluskan dokter gigi sebanyak 1.517 orang. (lid)

Blog Attachment

1 Comment

  • Leatrice
    Reply

    Thanks for spending time on the computer (wnriitg) so others don’t have to.

Leave us a Comment