Dirjen Sumber Daya IPTEK Dan Dikti Resmikan Gedung CDAST Universitas Jember

Jember, 2 Maret 2016

Direktur Jenderal (Dirjen), Sumber daya IPTEk dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D., meresmikan gedung 1 Center for Development of Advance Science and Technology (CDAST) Universitas Jember (29/2). Gedung berlantai delapan yang berlokasi di sebelah utara gedung rektorat ini rencananya akan digunakan untuk area perkantoran dan laboratorium terpadu bagi program studi di bidang sains dan teknologi. Sementara itu, gedung 2 CDAST yang diperuntukan bagi program studi sosial humaniora masih dalam masa pembangunan. Jika pembangunannya selesai, maka gedung rektorat akan diapit gedung kembar CDAST.

Dalam pidato peresmiannya Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc. PhD, mengapresiasi langkah Universitas Jember untuk  membuat laboratorium bersama yang dapat digunakan secara multi disiplin keilmuan. “Selama ini Kemenristekdikti terus berusaha mengembangkan  tata kelola manajemen sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lain yang efektif dan efisien. Salah satunya dengan pembangunan gedung yang bisa digunakan oleh beberapa multi disiplin ilmu, sehingga bisa efisien baik secara tata kelola maupun kemanfaatannya” ujar pakar asuransi kesehatan ini. Pria yang akrab disapa Ghufron ini kemudian berharap langkah Universitas Jember mengembangkan laboratorium terpadu akan diikuti perguruan tinggi lainnya.

Sementara itu Moh. Hasan, rektor Universitas Jember mengaku bersyukur atas terselesaikannya pembangunan gedung 1 CDAST. Dirinya berharap gedung tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal oleh keluarga besar Universitas Jember. “Pencapaian ini harus disyukuri dengan cara memanfaatkan gedung ini secara maksimal dan sebaik-baiknya, dan semoga pembangunan gedung 2 CDAST yang ada disisi selatan juga bisa segera terselesaikan,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama juga digelar rapat kerja Paguyuban Rektor PTN se-Jawa Timur yang diikuti oleh para rektor dan pembantu rektor dari sepuluh PTN di Jawa Timur. Sebelum rapat dimulai, Dirjen Potensi IPTEK dan Pendidikan Tinggi menyampaikan penjelasan terkait pelaksanaan Permenristekdikti nomor 26 tahun 2015 dan nomor 2 tahun 2016 tentang registrasi pendidik pada perguruan tinggi. (mun)

Leave us a Comment