Dies Natalis Ke 52 Universitas Jember, Berkarya Untuk Bangsa

Jember, 10 November 2016

Dies_52_unej

Universitas Jember kini berusia 52 tahun. Dies Natalis perguruan tinggi di ujung timur pulau Jawa ini diperingati dengan berbagai kegiatan. Seperti yang dilaksanakan pada hari Kamis pagi (10/11), segenap sivitas akademika kampus Tegalboto mengikuti upacara bendera di lapangan upacara depan UPT Peprustakaan Universitas Jember. Upacara bendera dipimpin langsung oleh Rektor, Moh. Hasan. Dalam sambutannya, Moh. Hasan mengajak segenap komponen Universitas Jember untuk kembali meneguhkan komitmen pengabdian melalui jalur pendidikan, guna berkarya untuk bangsa.

Rektor juga meminta agar dosen, mahasiswa dan karyawan untuk menjaga persatuan dan kesatuan, apalagi kampus Tegalboto menyandang nama kampus Kebangsaan. “Dari tiga puluh dua ribu mahasiswa yang terdaftar, hanya enam ribuan saja yang berasal dari Jember. Ini menunjukkan bahwa Universitas Jember kini bukan hanya milik warga Jember dan sekitarnya saja, tapi sudah bnar-benar menjadi milik segenap bangsa Indonesia,” jelas Moh. Hasan. Dalam upacara kali ini, Rektor juga memberikan penghargaan secara simbolis kepada dosen dan tenaga kependidikan Universitas Jember yang berprestasi.

Seusai upacara bendera, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan acara pidato tahunan Rektor Universitas Jember, sekaligus Dies Reader yang diselenggarakan di Gedung Soetardjo. Dalam pidatonya, Rektor menjabarkan target rencana dan hasil capaian hingga Oktober 2016. “Tahun ini, kami mentargetkan secara kinerja dan kelembagaan, kita telah sesuai dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi. Berlanjut di tahun 2018 sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh ISO, harapannya pada tahun 2020 kita bisa berbicara di tingkat ASEAN, dan tahun 2022 eksis di tingkat Asia,” jelas Moh. Hasan.

Di bagian lain, Rektor juga memaparkan prestasi yang sudah diraih, khususnya oleh mahasiswa Universitas Jember. Dalam paparannya, Moh. Hasan memaparkan fakta bahwa saat ini jumlah lulusan yang meraih predikat cum laude makin meningkat. Untuk tahun akademik 2016/2017 yang telah melaksanakan wisuda sebanyak dua kali, tercatat ada 646 lulusan dengan predikat cum laude dari jumlah total lulusan sebanyak 1600 orang. “Semenjak berdiri di tahun 1962, kampus Tegalboto telah meluluskan 87.761 orang lulusan, yang telah berkiprah di seluruh nusantara bahkan di luar negeri,” katanya lagi. Sementara itu untuk Dies Reader dibawakan oleh Khaerul Anam, ST., MT., PhD., dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik dengan judul orasi ilmiah “Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) : Sejarah dan Aplikasinya”.

Berikut data tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Universitas Jember yang berprestasi di tahun 2016 ini ;

  1. Dosen Berprestasi, Dr. Rer. Biol. Hum. dr. Erma Sulistyaningsih (Fakultas Kedokteran).
  2. Tenaga Administrasi Berprestasi, Swa Buana Irvanul Ula, SS (Program Studi Sistem Informasi).
  3. Pustakawan Berprestasi, Maya Pradhipta, S.Sos (UPT Perpustakaan)
  4. Laboran Berprestasi, Budi Kriswanto, SP. (Fakultas Pertanian)

(iim)

Leave us a Comment