Dekan Ekonomi Resmikan Cafe Joker

Jember, 3 Maret 2014

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Jember Dr. M. Fathorrazi, Msi, meresmikan unit kewirausahaan mahasiswa Fakultas Ekonomi yang berada di Kavling utara SAC (28/02). Unit kewirausahaan mahasiswa yang diberi nama cafe Joker itu merupakan sarana belajar bagi para mahasiswa Fakultas Ekonomi dalam bidang kewirausahaan.

Dalam sambutannya Dr. M. Fathorrazi, Msi, menyampaikan, selama ini para mahasiswa Fakultas Ekonomi telah diajarkan dengan teori-teori kewirausahaan. Sehingga diperlukan suatu terobosan agar para masiswa tidak hanya memahami teori saja namun ditataran praktek mereka juga harus jago. “Ini adalah sarana pembelajaran bagi mahasiswa dalam menghadapi persoalan bisnis yang sesungguhnya,” ujar Dr. M. Fathorrazi, Msi.

Dr. M. Fathorrazi, Msi, dalam sambutannya beberapa kali juga menceritakan pengalamannya dalam bidang kewirausahaan yang sudah dia lakukan sejak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dia juga mengajarkan sedikit kiat-kiat mengatasi persoalan kewirausahaan kepada para mahasiswa pengelola kafe. Menurutnya dalam dunia wirausaha, inovasi menjadi suatu hal yang sangat penting agar apa yang dijual bisa diterima dengan baik oleh pasar.

Selain itu menurut dia seorang pelaku bisnis juga harus mampu menentukan segmen pasar yang akan menjadi target pemasaran. Jika ada kegagalan dalam menjalankan bisnis, maka harus segera dicarikan solusi pemecahannya agar bisa segera teratasi. Diakhir sambutannya dia berpesan kepada mahasiswa pengelola kafe agar tidak mudah putus asa dalam menjalankan bisnis mereka. “Jangan bersedih apalagi putus asa hanya karena gagal tiga kali jika masih punya kemungkinan sukses ke empat kali,” pungkasnya.

Ir. Tri Agung Prasetyo Kabag Kemahasiswaan Universitas Jember merespon positif pembukaan kafe yang dikelola oleh para mahasiswa tersebut. Menurutnya hal itu akan sangat membantu dalam pengembangan kreatifitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan. “Respon dari lembaga sangat positif dan kami akan  mengalokasikan dana kewirausahaan yang cukup besar bagi mahasiswa untuk dikembangkan yang akan dikelola melalui PR III,” ungkapnya. (Mj)

Leave us a Comment