Dari Wisuda Periode III TA 2018/2019 Universitas Jember : Ada Wisudawan Dengan Prestasi “Kembar”

WisudaUNEJ-1

Jember, 24 November 2018

Selalu ada yang unik saat upacara wisuda di Universitas Jember. Seperti yang terjadi saat upacara wisuda periode III tahun akademik 2018/2019 di Gedung Soetardjo (24/11). Sesuai tradisi, Rektor dan Wakil Rektor I memberikan cindera mata bagi para wisudawan yang lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dari tiap fakultas. Uniknya dalam wisuda kali ini ada dua wisudawan terbaik tingkat fakultas yang meraih IPK yang sama, menempuh masa studi yang sama, bahkan menyelesaikan skripsi dalam jangka waktu yang sama pula ! Mereka adalah Femin Damayanti, S.Si yang merupakan lulusan Program Studi Biologi FMIPA, dan Nurul Laili, SP, dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian.

Keduanya sama-sama meraih IPK 3,92, menempuh studi selama 3 tahun 11 bulan dan 13 hari, bahkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan skripsi pun sama persis, yakni 11 bulan 28 hari. Tak heran jika ada yang berkomentar, keduanya bak wisudawan yang memiliki prestasi “kembar”. Yang membedakan hanya Femin Damayanti menyelesaikan revisi skripsinya lebih dahulu dibandingkan koleganya, Nurul Laili. “Sungguh, saya nggak nyangka jika ternyata raihan prestasi, masa studi hingga masa penyelesaian skripsi kami sama persis, sebab kami memang tidak saling kenal. Bahkan saya baru tahu punya IPK kami sama saat MC wisuda membacakan tadi,” ujar Femin yang lantas diiyakan oleh Nur Laili, saat ditemui di sela-sela upacara wisuda. Istimewanya lagi, keduanya memakai jilbab yang sama saat wisuda, warna pink ! Sungguh kebetulan yang unik. “Padahal nggak janjian lho,” imbuh Nur Laili sambil tertawa.

Saat ditanya apa resep sukses mengarungi studi, Femin dan Nur Laili menjawab tidak punya kiat khusus untuk belajar. Hanya saja Femin selalu melakukan review atas semua mata kuliah yang diajarkan dosen. “Jadi saya memiliki buku khusus hasil catatan setiap mata kuliah dari awal semester, catatan ini yang menjadi bahan belajar selain buku diktat yang ada,” ujar gadis asal Banyuwangi ini. Beda dengan Nur Laili, wisudawan yang ingin meneruskan studi ke jenjang S-2 ini memilih banyak belajar dari catatan saat melakukan praktek. “Kebetulan kuliah di Fakultas Pertanian banyak melakukan praktek lapangan, nah catatan saat praktek lapangan inilah yang banyak membantu saya dalam belajar,” tuturnya.

Sementara itu dalam pidato wisudanya, Rektor Universitas Jember meminta segenap lulusan menjaga nama baik, dan marwah almamater Universitas Jember. Caranya dengan berprestasi di setiap bidang kerja yang ditekuni, dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dimana pun nanti berada. “Alhamdulillah, dalam wisuda periode III kali ini ada 353 wisudawan yang merupakan penerima beasiswa. Baik dari beasiswa Bidikmisi, beasiswa Situbondo Cerdas, beasiswa BNI, beasiswa Lippo Group dan beasiswa lainnya. Dari data yang ada 47 persen wisudawan lulus tepat waktu, dan 19 persen lulus dengan pujian dari jumlah total 900 wisudawan. Ini menjadi bukti bahwa Anda sekalian mampu mempertanggungjawabkan amanah yang sudah diberikan dengan baik,” pesan Moh. Hasan.

Tradisi kedua adalah tampilnya alumnus berprestasi yang menyampaikan motivasi bagi adik-adik yuniornya. Alumnus berprestasi Universitas Jember yang tampil dalam upacara wisuda kali ini adalah Letkol (KH). Totok Sumarsono, SH., MH., M.Tr.Hanla., Kepala Dinas Hukum Pangkalan Utama Angkatan Laut V, Surabaya. Alumnus Fakultas Hukum tahun 1997 ini berpesan agar semua lulusan Kampus Tegalboto menjadi petarung-petarung handal saat berlaga di dunia kerja. Pasalnya semua lulusan telah mendapatkan bekal ilmu sesuai disiplin program studi yang dipilih. “Saya sudah merasakan, dengan bekal ilmu yang didapat dari Fakultas Hukum Universitas Jember kini mampu berprestasi di lingkungan TNI AL. Buktinya saya mampu menembus seleksi pada pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan laut yang merupakan pendidikan khusus bagi perwira yang akan menduduki berbagai jabatan penting di TNI AL. Bagi semua adik-adik saya, jangan pernah berhenti belajar, pantang menyerah, fokus pada tujuan, dan jadikan disiplin sebagai jembatan meraih sukses,” tegas Letkol (KH) Totok Sumarsono kepada para yuniornya.

Berikut data lulusan Universitas Jember dalam wisuda periode III tahun akademik 2018/2019.

No Fakultas S 3 S 2 S 1 S 0 Jumlah
1. Hukum 2 13 55 70
2. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 3 5 28 24 60
3. Pertanian 1 104 105
4. Ekonomi dan Bisnis 11 93 32 136
5. Keguruan dan Ilmu Pendidikan 21 168 189
6. Ilmu Budaya 65 65
7. Teknologi Pertanian 1 57 58
8. Kedokteran Gigi 8 8
9. Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam 4 52 56
10. Kedokteran 1 1
11. Kesehatan Masyarakat 34 34
12. Teknik 32 14 46
13. Farmasi 12 12
14. Keperawatan 9 36 45
15. Ilmu Komputer 9 9
16. Program Pascasarjana 6 6
J u m l a h 5 62 727 106 900

 (iim/ian)