Cranfield University Inggris Merintis Kerjasama Dengan Universitas Jember

Cranfield1_UNEJ

Cranfield1_UNEJ

Jember, 19 Mei 2017

Cranfield University Inggris, mulai menjajagi kerjasama dengan Universitas Jember. Rintisan kerjasama ini ditandai dengan kedatangan Dr. Ruben Sakrabani, Lead Doctoral Network for Environment and Agrifood, Cranfield University di Kampus Tegalboto (19/5). Dalam pertemuannya dengan Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember, Dr. Ruben Sakrabani menawarkan kerjasama dengan Universitas Jember yang meliputi kesempatan studi pascasarjana bagi mahasiswa dan dosen, kerjasama penelitian (post doctoral) bagi dosen, dan bantuan pengembangan publikasi ilmiah. Untuk diketahui, Cranfield University adalah perguruan tinggi di Inggris yang hanya fokus membuka program studi S2 dan S3 saja.

Tawaran kerjasama ini mendapatkan sambutan hangat dari Rektor Universitas Jember. Pasalnya kampus Tegalboto gencar meningkatkan kualitas dan kuantitas para dosennya, salah satunya dengan mendorong para dosen yang belum berkualifikasi doktor untuk melaksanakan studi lanjut. “Tahun ini rencananya ada 14 orang dosen yang bakal melanjutkan studi doktornya, nanti bisa kita arahkan untuk melanjutkan ke Cranfield University,” tutur Moch. Hasan di sela-sela pertemuan. Moch. Hasan juga menjelaskan jika jalinan kerjasama antara Universitas Jember dengan Cranfield University bakal dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).

Selain bertemu Rektor guna membahas rintisan kerjasama, Dr. Ruben Sakrabani juga memberikan pemaparan mengenai kesempatan studi di Cranfield University, serta konsultasi pengembangan publikasi ilmiah, khususnya membantu para dosen agar bagaimana tulisannya dapat diterima di jurnal ilmiah yang terindeks Scopus dan memiliki impact factor di atas 3. Dalam diskusi yang dihadiri oleh Wakil Rektor I dan III serta para dosen, Dr. Ruben Sakrabani, menawarkan berbagai keunggulan Cranfield University sebagai lokasi studi. Ahli kimia tanah yang banyak melakukan penelitian untuk kopi dan coklat ini lantas menjelaskan berbagai  fasilitas pendukung penelitian pertanian yang dimiliki oleh jurusan Environment and Agrifood.

“Saya melihat Universitas Jember memiliki fokus pada bidang pertanian dan perkebunan, dan kami memiliki fasilitas laboratorium yang dapat mendukung pengembangan pertanian dan perkebunan. Diantaranya laboratorium dengan fasilitas kamera khusus yang mampu merekam pertumbuhan tanaman secara detil dari waktu ke waktu, dan juga fasilitas lainnya,” jelas associate professor yang langsung mendapatkan tawaran melakukan kerjasama dengan para peneliti di Kampus Tegalboto ini. Sementara itu dalam sesi diskusi, Zulfikar, Wakil Rektor I meminta kesediaan Dr. Ruben Sakrabani untuk membantu pengembangan berbagai jurnal ilmiah di Universitas Jember. “Universitas Jember memiliki jurnal ilmiah yang kualitasnya masih harus ditingkatkan, semoga dengan kerjasama ini mampu memberikan dampak positif,” ujar Zulfikar.

Selama berkunjung di Kampus Tegalboto, Dr. Ruben Sakrabani juga bertemu dengan para koleganya, khususnya yang memiliki minat di bidang penelitian dan pengembangan kopi dan coklat, seperti yang diungkapkan oleh Dr. Soni Sisbudi Harsono yang menjadi penghubung. “Dr. Ruben Sakrabani juga berdiskusi mengenai pengembangan kopi dan coklat seperti di bidang tanah, pemupukan, dan pemanfaatan limbah kopi dan coklat dengan para peneliti di Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Pertanian, termasuk mengunjungi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao,” ujar Soni yang dalam waktu dekat juga akan melaksanakan kegiatan Post Doctoral di Cranfield University. (iim)

Blog Attachment