Closer IR Fest 2016, Konser Musik Berbalut Pameran Budaya

Jember, 14 Desember 2016

closer2_unejDalam rangka memperkenalkan program studi jurusan Hubungan Internasional kepada masyarakat umum, Himpunan Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional (HIMAHI) FISIP Universitas Jember mengadakan International Relations Festival 2016. Acara ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan program kerja HIMAHI untuk menjadi organisasi yang inklusif sehingga dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat umum. International Relations Festival 2016 yang dilaksanakan di gedung Soetardjo (10/12) kali ini, mengusung tema pluralisme bertajuk “CLOSER” yaitu singkatan dari “Creating Future Leader on Certified Ranks”.

Menurut ketua panitia kegiatan, Rizaldy Febrian, “CLOSER” dimaksudkan sebagai ajang revolusi kepemimpinan anggota HIMAHI yang diharapkan dapat mampu berimplikasi secara luas pada masyarakat umum dan mewujudkan HIMAHI yang inklusif. “Inklusifitas dalam program ini kami tunjukkan dengan adanya pameran beserta pementasan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, HIMAHI juga menghadirkan komunitas unik yang ada di Kabupaten Jember serta berbagai macam kuliner yang sedang digandrungi oleh masyarakat,” tutur Rizaldy.

“Selain itu kami ingin membuktikan pada masyarakat umum bahwa mahasiswa Hubungan Internasional tidak hanya dituntut untuk bisa mengenal dunia internasional saja, tetapi juga harus tetap mengenal dan bangga akan budaya lokal yang sangat kaya yang dimiliki oleh Indonesia,” tambah Rizaldy lagi.

International Relations Festival 2016 dilaksanakan pada dua sesi yaitu sesi sore dan sesi malam. Sesi sore dimulai pukul 14.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB, sesi malam dimulai pukul 18.00 WIB dan berakhir pada pukul 22.00 WIB. Sesi sore dibuka dengan upacara pembukaan resmi kemudian dilanjutkan dengan penampilan paguyuban-paguyuban mahasiswa daerah yang ada di kampus Tegalboto dan Stand Up Comedy Jember. Sesi malam diisi dengan penampilan dari band-band indie Jember, dancer group, beatbox & hip hop Jember, serta bintang tamu. Untuk International Relations Festival “CLOSER” 2016, panitia memilih Begundal Lowokwaru sebagai bintang tamu.

Paguyuban mahasiswa daerah dan komunitas yang turut serta antara lain Kemapata (Keluarga Mahasiswa dan Pelajar Blitar), AIESEC, OORJ, komunitas reptil, IKMJJ (Ikatan Keluarga Mahasiswa Jombang), komunitas drone Jember, UKM Pencak Silat, IKAMALA (Ikatan Mahasiswa Lamongan), IMAKA (Ikatan Mahasiswa Kediri), dan ANLOBO (cosplay).

Acara yang berlangsung pada akhir masa jabatan kepengurusan HIMAHI 2014-2016 ini diharapkan dapat menjadi event tahunan yang menjadi salah satu program utama HIMAHI. “Acara seperti ini dapat lebih memperkenalkan HIMAHI kepada masyarakat umum, serta dapat juga memberikan wadah untuk generasi muda Jember dalam menyalurkan dan merealisasikan bakat dan minatnya,” pungkas Rizaldy. (HIMAHI)

Leave us a Comment