CDAST Universitas Jember Kini Miliki Gedung Baru

Jember, 12 Februari 2016

Center for Development of Advance Science and Technology (CDAST) Universitas Jember kini memiliki gedung baru. Gedung yang terletak di utara kantor pusat Universitas Jember ini berdiri megah dengan delapan lantai. Dan sebagai bentuk rasa syukur, Universitas Jember mengadakan tasyakuran atas gedung baru CDAST, berupa kegiatan khotmil qur’an dan ceramah agama. “Selesainya gedung CDAST ini bakal menjadi penyemangat bagi kami untuk berkarya lebih baik lagi,” jelas Prof. Dr. Bambang Sugiharto, Ketua CDAST Universitas Jember. Menurut rencana, gedung ini nantinya akan digunakan untuk area perkantoran dan laboratorium terpadu.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan menjelaskan jika gedung CDAST baru ini adalah rangkaian dari pembangunan gedung kembar  yang akan mengapit gedung rektorat. “Gedung CDAST di sebelah utara kantor pusat atau gedung CDAST 1 akan dipakai oleh kawan-kawan yang berkecimpung di bidang sains dan teknologi, sementara gedung CDAST 2 di sebelah selatan gedung rektorat yang saat ini masih dalam pembangunan, akan diperuntukkan bagi kawan-kawan dari sosial humaniora,” tutur Moh. Hasan. Satu lagi proyek gedung yang masih dalam taraf pembangunan adalah gedung perpustakaan R. Soedjarwo.

Seperti yang diketahui, CDAST adalah pusat pengembangan ilmu dan teknologi unggulan di Universitas Jember yang bertaraf internasional. Gedung delapan lantai ini memiliki luasan untuk masing-masing lantai sebesar 827,5 meter persegi.  CDAST telah berperan aktif dalam proses penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat. Pengembangan CDAST diharapkan menjadi salah satu center of excelent (pusat unggulan) bagi Universitas Jember dalam mengembangkan ilmu dan teknologi yang strategis secara interdisipliner, sentralistik dan terpadu. CDAST juga akan berfungsi sebagai fasilitas laboratorium bersama yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademik di Universitas Jember. Hal ini dirancang untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menggunakan peralatan laboratorium dan fasilitas lainnya. Salah satu hasil dari CDAST Universitas Jember yang diakui dunia adalah varietas tebu tahan kering.

Pada kesempatan sebelumnya, dosen, mahasiswa beserta karyawan Universitas Jember menggelar acara khotmil qur’an di lantai dasar gedung CDAST 1. Pembacaan Al Qur’an 30 juz ini dipungkasi dengan doa khotmil qur’an yang dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan. Acara kemudian dilanjutkan dengan ceramah oleh KH. Mushoddiq Fikri, S.Sos, pengasuh Pondok Pesantren Riyadhus Sholihien. Dalam tausiyahnya, kiyai yang lebih akrab dengan panggilan Gus Fikri ini mengingatkan keluarga besar Universitas Jember untuk selalu menyeimbangkan antara kemampuan intelektualitas dengan nilai-nilai spiritualitas dan moralitas. Di akhir ceramahnya, kiyai muda ini menyatakan kekagumannya akan perkembangan kampus Tegalboto. “Sebagai alumnus Universitas Jember, saya bangga dengan kemajuan yang telah dicapai. Semoga Universitas Jember dapat meningkatkan kontribusinya bagi masyarakat, bangsa dan negara,“ ujar alumnus FISIP Universitas Jember ini. (iim/dian)

3 Comments

Leave us a Comment