Brownies Terbesar Ada di Universitas Jember

Jember, 27 Oktober 2014

Civitas akademika Universitas Jember menjadi tempat pemecahan rekor brownies singkong terbesar di Indonesia, Kamis (23/10/2014). Brownies ini terbuat dari tepung singkong termofidikasi atau modified casava flour (mocaf), dengan ukuran 3,1 kali 3,1 meter persegi. Brownies ini terdiri atas empat lapis dengan ketebalan sekitar 20 centimeter.

“Untuk membuat brownies ini dibutuhkan tiga kuintal tepung mocaf, 5.300 butir telur, dan minyak goreng sekitar dua kuintal,” kata Bambang Heri, ketua panitia dan juga dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember. Kue brownies yang dibentuk menyerupai logo Universitas Jember dan logo Festival Tegal Boto ini merupakan kue yang cukup unik.

Menurut Bambang untuk mendesain dan membuat brownies itu panitia meminta bantuan chef Rudi dari PT Sriboga Semarang. “Kami sengaja menghadirkan beliau karena desainnya yang cukup unik dan rumit” kata Bambang.

Manajer Senior Museum Rekor Indonesia (Muri) Paulus Pangka menyatakan, Universitas Jember menciptakan rekor pertama. Sebelumnya Muri belum pernah mencatat ada brownies terbesar di Indonesia. Penghargaan dari Muri diserahkan langsung Paulus kepada Pembantu Rektor I Universitas Jember Drs. Zulfikar, PhD.

Pemecahan rekor ini menarik minat ribuan mahasiswa dan masyarakat umum. Mereka datang dan langsung menyerbu kue raksasa itu untuk minta sepotong kepada panitia yang memang dibagikan secara gratis. (Mj)

Leave us a Comment