BRI Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Universitas Jember Penghafal Al Qur’an

BRI-1_unej-768×510

Jember, 9 Februari 2018

Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) BRI memberikan beasiswa bagi mahasiswa Universitas Jember yang memiliki kemampuan menghafal Al Qur’an. Beasiswa diberikan langsung oleh R. Sophia Alizsa, Director of Human Capital kepada lima belas  mahasiswa penghafal al Qur’an di Masjid Al Hikmah Kampus Tegalboto (9/2). Setiap mahasiswa memperoleh beasiswa sebesar 2,5 juta rupiah. Selain memberikan bantuan berupa beasiswa, YBM BRI membantu Masjid Al Hikmah dengan berbagai sarana penunjang ibadah seperti perangkat pengeras suara, karpet dan lainnya. Total YBM BRI memberikan beasiswa dan bantuan senilai 100 juta rupiah.

Menurut R. Sophia Alizsa, YBM BRI adalah yayasan yang menghimpun zakat, infaq dan shodaqoh dari karyawan BRI. “Zakat, infaq dan shodaqoh yang terkumpul kami salurkan melalui berbagai program tepat guna dan tepat sasaran, salah satunya adalah memberikan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa, dan untuk Universitas Jember kami berikan kepada mahasiswa penghafal Al Qur’an,” kata R. Sophia Elizsa. Pembina YBM BRI ini lantas berjanji secara bertahap bakal memberikan bantuan kepada semua musholla yang ada di fakultas di Kampus Tegalboto. Dari data yang ada, hingga tahun 2014 lalu, YBM BRI telah menyalurkan bantuan sebesar 72,3 milyar rupiah yang diterima oleh 159.345 mustahik.

Bantuan berupa beasiswa dan sarana pendukung ibadah dari YBM BRI disambut gembira oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember. Menurutnya saat ini di Kampus Tegalboto terdapat 125 mahasiswa penghafal Al Qur’an yang tersebar di semua fakultas, dari jumlah tersebut sebanyak 15 persen sudah hafal Al Qur’an 30 juz. Menurutnya, Universitas Jember terus berupaya memfasilitasi para mahasiswanya yang tengah menghafal Al Qur’an untuk terus meningkatkan kemampuannya hingga sanggup hafal 30 juz. “Harapannya, setelah lulus mereka bakal menjadi lulusan paripurna, baik ahlak dan ibadahnya juga mumpuni ilmunya, sehingga dapat menjadi contoh di masyarakat,” tuturnya.

Sebelum menyerahkan beasiswa, jajaran pimpinan BRI yang dipimpin oleh R. Sophia Alizsa bertemu dengan segenap pimpinan Universitas Jember di aula lantai 3 gedung rektorat. Dalam pertemuan ini, R. Sophia Alizsa yang merupakan alumnus Fakultas Ekonomi bertekad meningkatkan kerjasama antara BRI dengan almamater tercinta. “Setelah saya cek di data pegawai, dari kurang lebih 130 ribu karyawan BRI ternyata hanya satu persen saja yang merupakan alumnus Universitas Jember. Saya yakin kualitas lulusan Universitas Jember sudah sejajar dengan lulusan perguruan tinggi lainnya, jadi tidak ada alasan khawatir dalam bersaing,” imbuh R. Sophia Alizsa yang adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 1978 ini.

Selain hadir menyerahkan beasiswa, Direktur of Human Capital BRI secara simbolis menyerahkan corporate card kepada Rektor Universitas Jember. Selepas menyerahkan beasiswa, R. Sophia Alizsa beserta rombongan pimpinan BRI dari Kanwil Malang dan Kanca Jember menuju kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis guna memberikan kuliah umum. Sementara pada upacara Wisuda periode IV tahun akademik 2017/2018 Universitas Jember pada hari Sabtu (10/2) esok, R. Sophia Alizsa bakal menyampaikan orasi ilmiah dihadapan 900 wisudawan Universitas Jember. (iim/mun)