BPM Universitas Jember Gelar Pelatihan Pemahaman Standar ISO 9001:2015

Jember, 6 Oktober 2016

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Jember menggelar Pelatihan Pemahaman Standar ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) selama dua hari (5-6/10). Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari perwakilan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) fakultas di Universitas Jember, dan partisipan dari PT. Mitra Tani dan perguruan tinggi lainnya.  Pelatihan dua hari ini digelar di Hotel Aston Jember.

Ketua BPM Universitas Jember, Drs. Wachju Subchan, M.S, Ph.D, menjelaskan bahwa pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pemahaman seluruh komponen Universitas Jember untuk mencapai target manajemen mutu berbasis ISO. “Uiversitas Jember memiliki program perencanaan penjaminan mutu berbasis ISO. Oleh karenanya, program peningkatan pemahaman manajemen mutu urgent untuk dilakukan. Dan pelatihan ini kami lakukan guna mendukung pencapaian target manajemen mutu berbasis ISO,” tutur Wachju Subchan.

Wachju Subchan menambahkan bahwa BPM Universitas Jember telah menetapkan standar yang diharapkan dapat diterapkan dan diukur oleh setiap fakultas/prodi yang ada di Kampus Tegalboto. Dalam hal ini, fakultas/prodi merupakan garda posisi terdepan dalam pencapaian standar tersebut. Sehingga Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dianggap sebagai  unsur strategis dalam posisi kerja Universitas Jember yang mendampingi unit kerja fakultas. Hal tersebut yang menjadi latar belakang BPM mengikutsertakan seluruh GPM di Kampus Tegal Boto untuk mengikuti Pelatihan Pemahaman Standar ISO 9001:2015.

Wachju berharap, para peserta pelatihan dapat memahami adanya perbedaan antara ISO 9001:2015 dengan sebelumnya, yakni ISO 9001:2008. “ISO 9001:2015 menuntut adanya pembaharuan kompetensi staf dan adanya manajemen resiko dalam setiap program beserta perencanaan pengelolaan yang dibuat. Oleh karena itu, dengan pelatihan ini, kami berharap seluruh GPM yang hadir akan memiliki pemahaman atau konsepsi yang sama tentang ISO 9001:2015,” tambah Wachju Subchan.

Pelatihan Pemahaman Standar ISO ini digelar oleh BPM Universitas Jember bekerja sama dengan PT Mutu Agung Lestari (MALKA) sebagai Lembaga Sertifikasi Mutu yang telah bekerja sama dengan Universitas Jember sejak tahun 2008.  Budi Sarwono selaku perwakilan dari PT Mutu Agung Lestari Depok hadir sebagai pemateri dalam pelatihan kali ini.  Rencananya BPM Universitas Jember nantinya juga akan melakukan Pelatihan Analisis Resiko, Pembobotan Resiko, dan Teknik Mengendalikan Resiko sebagai upaya lebih lanjut dalam memahami ISO 9001:2015 ini. (lid)

Leave us a Comment