Behaviour Training Program

Jember, 28 Desember 2015

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember terus berupaya Untuk meningkatkan kinerja karyawannya hal ini di buktikan dengan adanya kegiatan yang sangat fundamental untuk mencapai hasil maksimal hal ini telah dilaksanakan Behavior Traning Program yang di laksanakan di Kalibaru Cotage pada tanggal 19-20 Desember 2015 dalam acara tersebut PSIK Universitas Jember menggandengan Iven Organizer PT.Kajasindo Jember

Dalam Trainingnya Trainer Nasional Indra Inkiriwang, S.Psi. menyampaikan Kinerja dikonsepsikan sebagai perilaku seseorang dalam menetapkan sasaran kerja, pencapaian target sasaran kerja, cara kerja dan sifat pribadi seseorang. Kinerja atau prestasi kerja (performance) diartikan sebagai ungkapan kemampuan yang didasari oleh pengetahuan, sikap, ketrampilan dan motivasi dalam menghasilkan sesuatu.

Tenaga Pendidik dan Kependidikan adalah sebagai aktor yang berperan aktif dalam menggerakkan organisasi dalam mencapai tujuannya. Tercapainya tujuan organisasi hanya dimungkinkan karena upaya para pelaku yang terdapat dalam organisasi, untuk berkinerja dengan baik. Kinerja perorangan (individual performance) dengan kinerja organisasi (corporate performance) terdapat hubungan yang erat. Dengan perkataan lain bila Kinerja karyawan (individual performance) baik maka kemungkinan besar kinerja organisasi (corporate performance) juga baik.

Sementara Indra Inkiriwang, S.Psi  memberikan definisi kerja karyawan sebagai tingkat hasil kerja karyawan dalam mencapai persyaratan-persyaratan pekerja yang diberikan. Dengan kata lain kinerja adalah hasil kerja karyawan dari segi kualitas maupun kuantitas berdasarkan standar kerja yang ditentukan. Kinerja secara umum dipengaruhi tiga faktor, yaitu :

  • Faktor individual yang terdiri dari : kemampuan dan keahlian latar belakang, demografi.
  • Faktor psikologis yang terdiri dari  persepsi, attitude, personality,
  • Faktor organisasi yang terdiri dari sumber daya, kompensasi, penghargaan, struktur, job design.

Apakah yang di perlukan oleh orang yang kerjanya lebih sukses dan kehidupan kerjanya lebih menyenangkan?

Jika salah satu karyawan ada yang tidak sukses, berarti ia kekurangan salah satu dasar pemicu kinerja yaitu: kejelasan mengenai kinerja yang di harapkan. Gambaran yang jelas mengenai apa kinerja yang bagus, pemahaman bahwa ada kesenjangan antara karyawan dan kinerja yang di harapkan dan peralatan atau kebutuhan seperti pengetahuan, keterampilan, motivasi, perbaikan lingkungan kerja.

Sementara dalam sambutannnya Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Ns.Lantin Sulististyorini.S.Kep.M.Kes mengharapkan kegiatan ini selain untuk melepas lelah di akhir tahun 2015 dimana kegiatan PSIK sangat padat kita baru saja melaksanakan Seminar Internasional di lanjutkan kegiatan pelatihan BCLS, Kuliah Pakar  yang sangat menguras tenaga dan pikiran sehingga kita perlu adanya kegiatan penyegaran dan kami harap kinerja kita di tahun 2016 yang kurang beberapa hari bisa lebih meningkat. Saya sangat bangga dengan Tim PSIK baik tenaga pendidik ataupun tenaga kependidikan pada hari ini kita melebur menjadi satu tanpa ada perbedaan.

Leave us a Comment