Beras Cerdas Jadi Menu Di Acara Makan Besar

Beras Cerdas yang digagas oleh Prof. A. Subagio, M.Agr., PhD dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember ternyata makin diminati oleh masyarakat. Buktinya Beras Cerdas menjadi pilihan menu utama dalam acara Makan Besar yang disiarkan oleh Trans 7, salah satu televisi swasta nasional. “Beras Cerdas menjadi menu dalam acara Makan Besar Trans 7 edisi masak di pelataran Candi Borobudur tanggal 27 Februari lalu,” ujar profesor yang akrab disapa Pak Bagio ini.

Acara Makan Besar adalah acara masak memasak yang lain dari acara sejenis. Acara ini unik karena memasak sebuah menu dalam porsi yang besar untuk banyak orang. Selain dihadiri oleh masyarakat sekitar candi Borobudur, Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo juga turut menikmati kelezatan menu nasi goreng Beras Cerdas hasil olahan Chef Ragil yang menjadi host acara Makan Besar. “Acara ini memang hasil kerjasama antara Badan Ketahanan Pangan Pusat Kementerian Pertanian dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka implementasi Gerakan Percepatan Penganekaragaman Komsumsi Pangan (P2KP),” papar pria asal Kediri ini.

Untuk kegiatan Makan Besar tersebut, Pak Bagio menyediakan Beras Cerdas sebanyak 600 kilogram yang kemudian dimasak seluruhnya oleh Chef Ragil menjadi nasi goreng. Dari jumlah 600 kilogram Beras Cerdas tadi menghasilkan 2013 porsi nasi yang kemudian dinikmati bersama. “Banyak orang yang terkejut setelah diberitahu jika nasi goreng yang mereka nikmati sebenarnya berasal dari singkong dan jagung. Sebab rasanya tidak jauh berbeda dengan nasi yang biasa mereka makan,” kata Ketua Lembaga Penelitian Universitas Jember ini.

Kelezatan Beras Cerdas ternyata membuat Pemprov Jawa Tengah melalui badan Ketahanan Pangan-nya berencana mempromosikan Beras Cerdas. Salah satu program yang akan dijalankan adaklah memperkenalkan Beras Cerdas ke hotel-hotel yang ada di Jawa Tengah. Pasalnya, jika diolah dengan tepat, maka Beras Cerdas dapat menjadi suguhan yang lezat seperti yang dilakukan oleh Chef Ragil di acara Makan Besar.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sendiri berniat membuka pabrik Beras Cerdas di Wonogiri dalam waktu dekat. “Harapannya, komsumsi beras nasional bisa berkurang mengingat permintaan beras terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk Indonesia. Selain itu untuk mengoptimalkan bahan pangan lokal,” pungkas Pak Bagio. (iim)

Leave us a Comment