Bangsa Indonesia Harus Dijaga Keutuhannya

DSC_0477

Jember, 22 Mei 2017

Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berdaulat dari Sabang sampai Merauke. Kebhinikaan yang ada didalam masyarakat Indonesia menjadikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang unik dan harus dijaga keutuhannya. Menjadi negara dengan beragam suku budaya dengan tanah yang subur dan kaya akan sumber alam menjadi anugrah sekaligus ancaman bagi bangsa Indonesia.

“Seperti yang pernah disampaikan oleh Bung Karno, kekayaan alam Indonesia suatu saat nanti akan membuat iri negara-negara lain. Oleh karena itu, kita harus senansiasa menjaga kesatuan dan persatuan bangsa untuk keutuhan Indonesia,” demikian yang disampaikan oleh Letkol Inf Rudianto Komandan Kodim Jember saat memberikan materi dalam seminar nasional di lantai III gedung rektoran Universitas Jember, (20/5).

Dalam paparannya Rudianto mengatakan, di sadari atau tidak selama ini ada beberapa pihak yang hendak mengoyak keutuhan Indonesia. Mereka hendak mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dari runtuhnya kedaulatan Indonesia.

“Indonesia ini adalah negara yang amat sangat kaya dengan sumber daya alam, jadi wajar saja jika negara lain menginkan indonesia dengan mencaplok wilayah kita terutama yang berada di wilayah perbatasan seperti pulau-pulau terluar kita,” lanjut Rudianto.

Dalam seminar yang mengusung tema “Meningkatkan Wawasan dan Nasionalisme Insan Berencana” dihadiri lebih dari 400 mahasiswa delegasi dari beberapa perguruan tinggi. Dalam kesempatan itu Rudianto mengajak kepada para mahasiswa untuk terus meneguhkan semangat nasionalisme dan ptriotisme.

“Belajar yang baik, bekerja yang baik dan jadilah pribadi dengan pendirian yang teguh yang cinta tanah air. Jangan mau menjadi generasi yang lemah atau dianggap lemah karena itu bisa melemahkan kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuh Rudianto.

Rudianto berharap, para kaum muda khususnya kalangan mahasiswa bisa memilih aktivitas positif yang bisa mengembangkan potensi diri baik akademil maupun non akademik.

“Silahkan belajar yang baik, ikut organisasi yang jelas yang tidak melanggar hukum dan berbadan hukum yang jelas seperti halnya organisasi resmi yang ada di kampus. Hindari sek bebas dan narkoba kerena narkoba bisa merusak masa depan kalian semua,” pungkas Rudianto saat menutup pemaparan materinya.