Bakal Calon Dekan FISIP Universitas Jember Paparkan Visi dan Misi

Jember, 23 Agustus 2016

Menjelang pengusulan calo Dekan oleh Senat Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Universitas Jember periode 2016-2020, para bakal calon dekan mengikuti tahap presentasi visi dan misi masing-masing di aula FISIP (23/8). Dalam presentasi kali ini, diikuti oleh dua bakal calon dekan, yakni Dr. Djoko Purnomo, M.Si dan Dr. Ardiyanto, M.Si. Menurut ketua panitia pemilihan dekan FISIP, Drs. Agung Purwanto, M.Si, dari tiga calon yang mengambil formulir pendaftaran, hanya dua orang bakal calon yang mengembalikan formulir dan maju sebagai bakal calon dekan.

“Berdasarkan persyaratan, sebenarnya ada 28 orang yang memenuhi syarat sebagai bakal calon namun yang mengambil formulir pendaftaran hanya 3 orang saja dan hanya dua orang yang mengembalikan formulir yaitu Dr. Djoko Poernomo dan Dr. Ardiyanto, M. MSi,” ujar Agung Purwanto. Agung menuturkan, proses penjaringan bakal calon dekan ini berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. “Prosesnya berjalan lancar, kita semua sepakat untuk mengedepankan budaya kekeluargaan dan berpolitik secara bersih dan bermartabat agar tidak ada pihak yang dirugikan,” imbuhnya.

Sementara itu dalam pemaparan visi dan misinya Dr. Ardiyanto, M.Si mengusung misi “Menjadikan FISIP Universitas Jember Sebagai Fakultas Yang Unggul Dalam Pengembangan Keilmuan Serta menghasilkan Lulusan Yang Berkompeten Berdaya Saing Global dan Berwawasan Lingkungan”. Dalam sesi tanya jawab Ardiyanto berjanji, jika terpilih menjadi Dekan FISIP periode 2016-2020, dirinya akan meningkatkan kerjasama khususnya kerjasama luar negeri. “Selama ini kerjasama luar negeri sudah banyak namun kita tidak boleh puas dengan hal itu, kita harus terus tingkatkan dengan memanfaatkan dosen kita yang sedang belajar di luar negeri untuk membuka jaringan kerjasama yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Sedikit berbeda, bakal calon kedua Dr. Djoko Poernomo, M.Si mengusung visi “FISIP Universitas Jember Menjadi Fakultas Yang Unggul Dalam Pengembangan Sains, Teknologi dan Seni Berwawasan Lingkungan, Bisnis, dan Pertanian Industrial di Level Indonesia, ASEAN dan Asia.” Dalam pemaparannya Djoko berjanji jika terpilih menjadi Dekan FISIP periode 2016-2020 selain meningkatkan tatakelola yang transparan dan akuntabel, dan program pembentukan wilayah binaan. “Menurut saya pembentukan wilayah binaan adalah salah satu langkah strategis hal ini bertujuan agar masyarakat semakin merasakan manfaat dari keberadaan FISIP Universitas Jember, mungkin selama ini masayarakat tahu di Universitas Jember ada FISIP namun bisa saja mereka tidak merasakan manfaat langsung atas keberadaan kita,” ujarnya.

Selain FISIP, beberapa fakultas juga melaksanakan proses pemilihan dekan, diantaranya Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan FKIP. Nantinya hasil pemilihan dekan akan diserahkan kepada rektor untuk diproses lebih lanjut. (mun)

Leave us a Comment