Angkat Potensi Desa Melalui Festival Ekonomi Dan Budaya

ekonomi_expo_unej-630x330px

Jember, 21 Februari 2017

Tidak seperti hari biasa dihari libur kantor kecamatan Sukowono biasanya sepei dari aktivitas warga. Namun Sabtu, (18/2) kemarin sejak pukul 08.00 pagi masyarakat sudah memadati aula kecamatan Sukowono. Mereka semua tampak asyik beragam produk yang diproduksi oleh masyarakat Sukowono dalam acara festival ekonomi dan Budaya.

Produk yang dipamerkan merupakan hasil binaan dari Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jember melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Sukowono. Selain pameran produk acara ini juga menampilkan beberapa suguhan acara yang menarik.

“Sosialisasi dari Dinas Koperasi dan Bank Indonesia, Workshop oleh HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan pada acara puncak diselenggarakan pagelaran reog ponorogo dan pelantikan Dewan kesenian Jember (DKJ) Kecamatan Sukowono oleh DKJ Kabupaten Jember sebagai penutup,” ,” kata Hidayati, koordinator acara Festival Ekonomi dan Budaya

Hidayati mengatakan, dirinya bersama mahasiswa KKN lain yang berada di wilayah Kecamatan Sukowono mencoba mengeksplore berbagai potensi yang masing-masing desa di Kecamatan Sukowono yang dapat dikembangkan.

“Event ini terinisiasi karena kita ingin lebih dekat dengan masyarakat dan keberadaan kami benar-benar memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. Kami ingin berkontribusi lebih, lebih banyak dan tidak hanya di tingkat desa tapi lingkup yang lebih luas,” imbuh Hidayati.

Walaupun dengan persiapan yang terhitung hanya dua minggu acara ini bisa berjalan sukses. Hidayati berharap keberadaan mahasiswa KKN di wilayah Sukowono bisa memberikan sumbangsih lebih kepada masyarakat dalam pengembangan produk unggulan desa.

“Impian kami nantinya satu desa satu produk dan kami memulainya dari Sukowono dan teman-teman dari kecamatan lain juga melakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda,” pungkasnya.

Sementara itu Illia Seldon Maghfiroh selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN Kecamatan Sukowono mengatakan, mengangkat potensi desa merupakan jalan terbaik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Banyak sekali potensi desa yang dapat diolah sedemikian rupa sehingga dapat memberdayakan masyarakat desa. Sebagai DPL, saya sangat mendukung penuh acara ini. Yang terpenting ini adalah pembelajaran bagi para mahasiswa dalam mencari solusi dalam persoalaan pemberdayaan masyarakat”, ungkapnya.

Respon positif juga disampaikan oleh Sumanto, selaku camat Sukowono. Dengan adanya acara ini, Sumanto menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa KKN atas terselenggaranya acara festival ini karena sangat membantu masyarakat desa. “Memang harus ada tindak lanjut, tidak hanya sekarang. Pejabat yang ada di wilayah maupun desa harus peduli dan harus diteruskan, “tuturnya. (moen)

Leave us a Comment