Anggota Satpam Universitas Jember Berlatih Panahan

satpam_unej_panahan-630x330px

Jember, 7 April 2017

Sabar adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki, khususnya bagi kita yang dalam bekerja sering menghadapi beragam tipe manusia. Dan banyak cara bisa dilakukan untuk melatih kesabaran. Salah satunya dengan bermain panahan, seperti yang dilakukan oleh anggota Satuan Pengamanan (Satpam) Universitas Jember yang hari Jumat pagi (7/4) tampak serius berlatih membidik sasaran di lapangan depan UPT Perpustakaan Universitas Jember.

“Alhamdulillah mulai hari ini petugas Satpam Universitas Jember mulai latihan olah raga memanah. Latihan pertama ini diikuti oleh 40 orang petugas dari 157 anggota, dan semua tampak antusias mengikuti instruksi pelatih,” ujar Mahfud Komandan Satpam Universitas Jember.

Menurut Mahfud, selain merupakan olah raga sunnah Rosulullah SAW, dengan latihan memanah secara rutin bisa meningkatkan tingkat kesabaran anggotanya. Karena menurutnya, sering kali petugas keamanan Universitas Jember dihadapkan dengan situsasi yang mudah menyulut emosi.

“Seperti halnya dalam menangani kasus menghadapi demonstrasi, petugas harus mampu menahan emosi agar tidak sampai terjadi ricuh. Menurut beberapa sumber, olah raga memanah secara rutin ternyata dapat melatih kesabaran. Nah kebetulan di Universitas Jember  juga ada komunitas panahan, jadi kemudian kami berinisiatif untuk ikut latihan,” imbuh Mahfud.

Mahfud menambahkan, selain untuk melatih kesabaran, tidak menutup kemungkinan petugas yang minat menekuni olahraga panahan dapat menjadi atlet. Namun menurutnya, untuk tahap awal, dirinya berharap seluruh anak buahnya dapat berlatih secara rutin, syukur-syukur berminat menyebarluaskan olahraga panahan kepada kawan dan kerabat saudara agar olahraga panahan makin berkembang.

“Memang kami belum memiliki alat panahan, untuk sementara masih meminjam. Karena harga satu paket lengkap saja mencapai empat jutaan. Namun kami berusaha untuk bisa membeli alat produksi lokal dan harganya cukup murah hanya 350 saja,” pungkasnya. (Mun)

1 Comment

  • Satria Janu P.
    Reply

    Ketika anda lengah, kami slalu siaga…
    Ketika dbutuhkan, kami selalu ada…
    Jgn pertanyakan loyalitas kami, karena kami hadir disaat – saat yg tak pernah anda duga…!

Leave us a Comment