Aksi Peduli Universitas Jember

Jember, 4 Agustus 2015

Ns. Lantin Setyorini S.Kep.M.Kes Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember turun langsung melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe, (30/7). Kegiatan tersebut merupakan program aksi peduli PSIK yang diberikan kepada masyarakat yang berada di sekitar kaki Gunung Raung yang baru saja mengalami erupsi.

“Ini adalah wujud kepedulian kami kepada warga sekitar kaki Raung karena biasanya masyarakat yang terkena dampak erupsi banyak mengalami gangguan pernapasan atau yang dikenal ISPA,” ujar Lantin saat berkeliling kerumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan.

Menurut Lantin, jika tidak ditangani dampak dari abu vulkanik yang terhirup melalui saluran pernapasan bisa berakibat fatal terhadap kesehatan. Hal itu dikarenakan, debu kecil yang secara yang bersarang di Paru-paru dapat menjadi pemicu terjadinya kanker.

“Mungkin sekarang masih belum begitu terasa dampaknya, namun lama-kelamaan kalau dibiarkan akan berakibat fatal,” imbuh Lantin. Masih menurut lantin, selain melakukan pemeriksaan dan pemberiaan obat gratis, PSIK juga mengadakan sunatan masal bagi warga desa Rowosari yang tidak mampu.

“Alhamdulillah tadi kita sudah menggelar khitan masal dan bagi-bagi masker gratis agar bisa digunakan warga saat beraktivitas di luar rumah seperti saat pergi ke sawah atau ke kebun,” pungkasnya.

Sementara itu, Wasi Kepada Desa Rowosari mengaku sangat bersyukur sekali dengan adanya pemeriksaan gratis dari Universitas Jember. Karena menurutnya, akses terhadap layanan kesehatan yang ada di desa sangat terbatas.

“Di sini ada sekitar 5.672 warga yang butuh layanan kesehatan yang baik, Alhamdulillah kehadiran para mahasiswa dan bapak ibu dosen dari Unej sangat membantu kami,” ujarnya saat memberikan sambutan. (Mj)

Leave us a Comment