ABC (Ahli Bencana Cilik)

Jember, 15 April 2015

Desa Puger Wetan merupakan salah satu daerah yang terkena dampak Tsunami tahun 1993 dimana merendam sebagian besar wilayah Desa Pugerwetan dengan ketinggian air 1-2 meter, terutama di SDN Pugerwetan 03 terendam setinggi 1,5 m sehingga menyebabkan sebagian bangunan rusak. Meskipun bencana tersebut sudah lama terjadi, namun kapasitas sumber daya masyarakat untuk mengahadapi ancaman resiko tersebut masih dibilang sederhana dan minim. Fakta inilah yang mendorong kelompok PKM-M dari Jurusan Kimia, Fakultas MIPA untuk melakukan pelatihan kebencanaan di SDN Pugerwetan 03 Kabupaten Jember.

Sabtu 11 April 2015, tim PKM-M yang diketuai Kiky Nur Wulandari melakukan serangkaian kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa SDN Pugerwetan 03. Siswa SDN Pugerwetan 03 berjumlah 62 siswa. Jumlah ini relatif sedikit mengingat letak sekolah yang berada di ujung selatan Kabupaten Jember.

Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan dan pembentukan Satgas ABC (Ahli Bencana Cilik). Pelatihan yang diberikan berupa sosialisasi mengenai tindakan yang harus diambil ketika terjadi bencana, baik ketika berada di sekolah maupun di luar sekolah. Sosialisasi ini juga diharapkan siswa-siswi dapat membagi ilmunya di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Setelah itu juga diberikan simulasi untuk  mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dari sosialisasi tersebut.

Kegiatan selanjutnya adalah pembentukan satgas ABC (Ahli Bencana Cilik) yang terdiri dari 12 siswa dimana diambil 2 siswa setiap kelas. Pemilihan Satgas ABC (Ahli Bencana Cilik) ini berdasarkan pada respon siswa saat mengikuti pelatihan. Satgas ABC (Ahli Bencana Cilik) ini diharapkan menjadi leader ketika terjadi bencana di sekolah.

Kegiatan yang dilakukan oleh tim PKM-M ini tidak berhenti sampai disini. Setelah dilakukan pelatihan dan pembentukan Satgas ABC (Ahli Bencana Cilik) akan dilanjutkan dengan pembuatan jalur evakuasi dan SOP tentang penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami yang berguna bagi siswa dan masyarakat sekitar ketika terjadi bencana bumi dan tsunami. (Kk,Z/Mj)

Leave us a Comment