80 Persen Siswa Kelas XII SMA Kabuh Tertarik Studi di Universitas Jember

Jember, 24 November 2016

Berdasarkan hasil poling yang dilakukan oleh SMA Negeri Kabuh, Jombang terhadap siswa kelas XII, ternyata 80 persen dari mereka menyatakan berminat untuk melanjutkan proses pendidikan tinggi di Universitas Jember. Fakta ini disampaikan oleh Sigit Kuncoro, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum SMA Negeri Kabuh saat mendampingi siswanya berkunjung ke Kampus Tegalboto (24/11). Dalam kunjungan kali ini, turut serta 185 siswa kelas XII dengan  didampingi oleh 17 orang guru. Rombongan SMA Negeri Kabuh disambut oleh tim Humas dan Protokol Universitas Jember di gedung Kauje.

 “Banyak siswa kami yang berminat melanjutkan studi ke Univesitas Jember, apalagi setelah melihat dua orang alumnus kami yang kuliah di Fakultas Teknik sempat muncul di televisi sebagai juara, kalau tidak salah dalam lomba beton tingkat nasional,” ujar Sigit Kuncoro. Wakil Kepala Sekolah ini juga menyebutkan jika para alumnus SMA Negeri Kabuh yang sedang kuliah di Kampus Tegalboto juga berperan besar atas tingginya minat siswa melanjutkan studi ke Universitas Jember. Secara rutin, mereka mengunjungi almamaternya dalam rangka mempromosikan Universitas Jember. “Anak didik kami juga aktif mencari informasi dan mengikuti perkembangan Universitas Jember melalui website-nya,” tambah Sigit.

Melihat minat siswa SMA Negeri Kabuh untuk melanjutkan kuliah di Universitas Jember, tidak heran jika pihak sekolah rutin mengagendakan kunjungan ke Kampus Tegalboto. Sigit mengaku kunjungannya ke Universitas Jember dalam rangka mengenalkan para siswa secara langsung bagaimana lingkungan Universitas Jember. “Ini adalah kali ke dua kami ke Kampus Tegalboto, tahun lalu juga ke sini namun sayangnya belum sempat keliling kampus. Kunjungan kali ini kami akan ajak para siswa untuk keliling kampus, biar mereka tahu bagaimana kondisi Universitas Jember, tidak hanya dari internet saja,” imbuh Sigit.

Sementara itu, salah seorang siswa Yulia Ningrum, menyatakan sangat tertarik sekali untuk bisa kuliah di Universitas Jember, khususnya di Program Studi Televisi dan Film (PSTF), Fakultas Ilmu Budaya. Kecintaannya terhadap dunia broadcasting dan animasi menjadi alasan utama. “Tadi saya lihat profil Universitas Jember yang digarap oleh mahasiswa PSTF bagus sekali, mudah-mudahan saya juga bisa belajar disana karena saya memang dari dulu mencari kampus yang pas dengan hobi saya otak-atik video,” ujar gadis berjilbab ini.

Acara kunjungan kali ini diisi dengan penjelasan mengenai seluk beluk Universitas Jember yang disampaikan oleh tim Humas dan Protokol beserta Duta Kampus 2016. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan acara keliling kampus Tegalboto. “Seiring dengan makin dekatnya proses pendaftaran mahasiswa baru, kami di Humas dan Protokol banyak mendapatkan permintaan kunjungan ke Kampus Tegalboto,” cetus Rokhmad Hidayanto yang siang itu nampak sibuk melayani rombongan SMA Negeri Kabuh Jombang. (mun)

Leave us a Comment