8 Tim Karya Tulis Ilmiah Berangkat Ke PIMNAS 2015 di Kampus Halu Oleo Kendari

Jember, 5 Oktober 2015

Pembantu Rektor 1 bidang akademik Drs. Zulfikar, Ph.D melepas secara langsung 36 orang mahasiswa untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 28 di Universitas Halu Oleo, Kendari Sulawesi Tenggara. Para mahasiswa yang terbagi ke dalam delapan kelompok Karya Ilmiah ini, masing-masing akan mempresentasikan hasil karyanya bersama tidak kurang dari 2500an mahasiswa lainnya dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

“Kami berharap kalian semua berjuang secara total jangan setengah-setengah, karena dalam ajang ini kalian tidak hanya membawa nama fakultas masing-masing namun juga membawa nama besar Universitas Jember” ujar Drs. Zulfikar, Ph.D saat memberikan sambutan.

Drs. Zulfikar, Ph.D mengatakan, dari tahun ketahun jumlah karya ilmiah yang lolos dalam seleksi semakin meningkat. “Dari yang semula hanya satu, naik menjadi lima kemudian 7 dan Alhamdulillah tahun ini bisa 8 kelompok” imbuh Drs. Zulfikar, Ph.D

Drs. Zulfikar, Ph.D berharap, dari delapan karya yang akan dipresentasikan minimal 5 karya bisa membawa pulang emas. “Harapan kami nantinya kalian pulang dengan gelar juara, namun tetaplah junjung tinggi nilai sportifitas dan etika akademis apapun hasilnya kalian adalah yang terbaik,” pungkasnya.

Sementara itu Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof. Moh. Saleh yang juga mendampingi para peserta PIMNAS ke Kendari menjelaskan, saat ini Universitas Jember terus mendorong para mahasiswanya untuk membuat karya tulis ilmiah. Bahkan menurutnya, setiap mahasiswa baru diwajibkan membuat satu karya tulis ilmiah.

“Alhamdulillah animo mahasiswa untuk membuat karya tulis ilmiah kian meningkat, terbukti saat ini saja sudah ada 697 karya tulis ilmiah untuk diikutkan dalam seleksi PIMNAS 2016 mendatang” ujarnya.

Menurutnya, Universitas Jember tidak hanya mewajibkan mahasiswa menyusun karya tulis ilmiah namun mahasiswa juga mendapatkan pembinaan dari para dosen pembimbing.

“Bahkan bagi mereka yang karya ilmiahnya bagus maka kami berikan bantuan dana agar karya itu bisa terealisasi”

Prof. Saleh berharap ke depan Universitas Jember bisa mendominasi dengan membawa banyak gelar juara dalam setiap ajang kompetisi termasuk PIMNAS.

Setelah melalui prejalanan yang cukup lama dan melelahkan akhirnya delapan tim PIMNAS 2015 Universitas Jember tiba di Universitas Halu Oleo, Kendari.

“Perjalanan yang kami lalui memang cukup melelahkan karena melalui tiga jalur langsung darat laut dan udara” ujar Prof. Muhammad Saleh Pembantu Rektor III yang sejak awal mendapingi tim.

Menurut Prof. Saleh, tim PIMNAS 2015 Universitas Jember berangkat melalui bandara Ngurah Rai Bali. “Kurang lebih kami 26 jam perjalanan, mulai dari penyebrangan dengan kapal menuju Ngurah Rai kemudian naik pesawat menuju Makasar kemudian transit dan terakhir kami terbang lagi menuju Kendari,” imbuh Prof. Saleh.

Prof. Saleh menceritakan, setiba di Kendari tim kemudian dijemput dengan Bis oleh panitia setempat untuk kemudian melakukan registrasi di kampus hijau Universitas Halu Oleo. “Hampir tidak ada waktu istirahat baru tiba langsung registrasi dan langsung mengikuti serangkaian acara yang ada disini,” pungkas Prof. Saleh.

DSC_0362Kepala bagian kemahasiswaan Suharyono yang juga mendampingi tim membenarkan apa yang disampaikan oleh Prof. Saleh. Menurutnya, baru saja sampai di Kendari tim sudah harus mengikuti serangkaian acara hingga sampai pukul 23.00 waktu setempat.

“Sangat melelahkan tapi Alhamdulillah kami bisa mengikuti semua proses” ujarnya. Suharyono menambahkan, untuk memastikan tim dari Universitas Jember tetap sehat dan fit dirinya beserta tim melakukan pemeriksaan kesehatan.

1 Comment

  • weloveunej
    Reply

    Selamat berjuang.

Leave us a Comment