3986 Peserta Berebut Kursi Mahasiswa Jalur UM

Jember, 14 Juli 2014

Dua jalur masuk perguruan tinggi negeri yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) memang telah berakhir. Namun Universitas Jember masih membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Ujian Mandiri (UM) Gelombang I dan II.

Ujian Mandiri (UM) Gelombang I untuk jenjang S1 yang ujiannya digelar pada hari Sabtu (12/7) diikuti oleh 3986 peserta. Sebanyak  1857 peserta adalah kelompok ujian Saintek dan 2129 merupakan kelompok ujian Soshum. Sesuai dengan ketentuan dari pusat, kuota mahasiswa baru untuk jalur ini 20 persen kursi dari daya tampung secara keseluruhan.

“Tidak ada kelompok campuran dalam UM dan peserta yang tidak hadir dalam ujian UM secara otomatis dinyatakan gugur, karena baik dari kelompok ujia Soshum maupun Saintek tidak diadakan ujian susulan,” kata Kepala Humas dan Protokol Unej Agung Purwanto, Rabu.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan ada beberpa kendala yang dihadapi oleh peserta ujian UM Gel. 1. “Beberapa diantara mereka banyak yang tidak mebawa kartu peserta dengan berbagai alasan sehingga mereka harus melapor ke Posko UM Universitas Jember untuk mendapatkan kartu peserta dari panitia,” imbuh Agung .

Menurutnya, Ujian Mandiri gelombang 1 adalah kesempatan terakhir bagi para lulusan tahun 2014, 2013 dan 2012 yang hendak masuk di Universitas Jember untuk jenjang S1. Dia menjelaskan, UM gelombang I adalah kesempatan terakhir bagi mereka yang hendak masuk Universitas Jember untuk jenjang S1. “Untuk jenjang S1 ini seleksi terkhir, namun bagi mereka yang masih berkeinginan masuk Unej bisa ikut UM Gel II untuk jenjang D3 namun tidak semua Fakultas membuka jenjang D3,” pungkasnya. (Mj)

2 Comments

  • Irmawati Ma’idah
    Reply

    Assalamualaikum kak mau tanya? Lulusan D2 dan D3 mana sajalah yg boleh melanjutkan ke unej

    • Dian Novanto
      Reply

      wa’alaikumsalam…nanti ada program alih jenis mengacu pada periode sebelumnya meliputi FISIP,EKONOMI,SASTRA,TEKNOLOGI PERTANIAN,KESEHATAN MASYARAKAT,TEKNIK,ILMU KEPERAWATAN

Leave us a Comment