3.000 Peserta Ikuti Kirab Onthel Nusantara di Kampus Tegalboto

Jember, 4 September 2016

Sebanyak  3.000 peserta mengikuti kegiatan Kirab Onthel Nusantara di Kampus Tegalboto Universitas Jember hari Minggu pagi (4/9).  Selain diikuti oleh penggemar sepeda tua di Jember dan sekitarnya,  peserta juga berasal dari Sidoarjo, Surabaya bahkan Lampung. Para peserta bersama-sama mengayuh sepeda melewati rute yang telah ditentukan sejauh 17 km yang dimulai dari double way Kampus Tegalboto. Tampak hadir mengikuti acara Rektor beserta jajaran pimpinan di Universitas Jember.

Prof. Dr. Maryono, Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Jember, yang juga ketua panitia kegiatan menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mempopulerkan olahraga bersepeda yang merupakan olahraga murah meriah dan memiliki banyak manfaat. “Sekaligus mewujudkan lingkungan yang sehat dan terbebas dari polusi,” ujar Maryonmo yang juga anggota Dewan Pakar Kosti Jawa Timur ini.

Untuk diketahui kegiatan Kirab Onthel Nusantara yang dimotori oleh Universitas Jember, tahun ini memasuki pelaksanaan tahun kelima. “Kegiatan ini juga menjadi ajang bertemunya penggemar sepeda tua dari Jawa Timur, Bali, NTT bahkan Lampung,” tambah Maryono. Selama perjalanan, para peserta  diajak menikmati suasana kota Kampus Tegalboto dan kota Jember, selain membicarakan program Kosti selanjutnya.

Kegiatan Kirab Onthel Nusantara mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jember, seperti yang disampaikan oleh H.M. Thamrin, Asisten II Sekertaris Daerah Kabupaten Jember. Menurutnya kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi ajang tahunan yang mampu menarik peserta dari seluruh Indonesia. “Bukan tidak mungkin acara Kirab Onthel Nusantara bakal menjadi ajang sebesar Jember Fashion Carnaval,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa event Kirab Onthel Nusantara menjadi salah satu bentuk kepedulian dan keakraban Universitas Jember kepada masyarakat luas yang dikemas dalam agenda Pekan Inovasi Indonesia. “Kirab Onthel Nusantara ini sebagai kampanye untuk mulai mengurangi polusi udara yang bersumber dari asap kendaraan bermotor,” tambah Moh. Hasan. (mun/lid)

Leave us a Comment