275 Calon Mahasiswa Dinyatakan Gugur

Jember, 23 Juni 2014

Dari puluhan ribu siswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN, sebanyak 2.560 lolos seleksi dan terdaftar sebagai calon mahasiswa Universitas Jember. Namun demikian, dari sekian banyak peserta yang lolos baru sebanyak 2.285 peserta yang melakukan verifikasi online yang dijadwalkan sejak tanggal 2-6 Juni 2014 lalu. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Humas dan Protokol Unej, Agung Purwanto, Jumat.

“Sebenarnya untuk peserta lolos yang belum melakukan verifikasi online masih kami berikan kesempatan pada tanggal 17 Juni lalu untuk menyelesaikan verifikasinya dan itu sudah kami umumkan lebih dari itu maka dengan terpaksa peserta tersebut kami anggap mengundurkan diri,” tutur Agung.

Menurut Agung ada beberapa sekolah yang siswanya diterima seleksi SNMPTN namun mengendurkan diri. Mereka secara resmi meingirimkan surat pengunduran diri melalui sekolah dengan beberapa alas an masing-masaing.

“Beberapa SMA secara resmi mengirmkan surat pengunduran diri siswanya kepada kami, seperti halnya SMA 2 Situbondo siswanya mengundurkan diri dikarenakan diterima sebagai calon Bintara Polwan, ada pula peserta dari Sumenep Madura atas nama Rate Seftinindia dia mengundurkan diri karena tidak mendapatkan ijin dari orang tuanya,” imbuh mantan Panwaslu ini.

Lebih jauh Agung menjelaskan, peserta yang sudah melakukan verifikasi online harus melakukan verifikasi final yang sudah dilakukan pada tanggal 17 dan 18 Juni lalu. Menurutnya, dari 2.285 peserta yang telah melakukan verifikasi online hanya 2.231 yang melakukan verifikasi final. Namun menurutnya, panitia masih memberikan kelonggaran kepada peserta yang belum melakukan verifikasi final untuk melakukan verifikasi tanggal hingga 21 Juni.

“Ada 275 peserta yang sudah dinyatakan gugur karena tidak melakukan verifikasi online dan sebanyak 54 peserta belum melakukan verifikasi final dan akan kami tunggu sampai tanggal 21 Juni,” pungkasnya. Bagi peserta yang sudah melakukan melakukan verifikasi final harus melakukan registrasi pada tanggal 19-21 Juni di Gedung Soetardjo. (Mj)

Leave us a Comment