16 Ners Baru Lulusan PSIK Universitas Jember Dilantik

Jember, 2 Juni 2016.

Sebanyak 16 Ners baru lulusan Program Profesi Ners, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember resmi dilantik oleh Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jember, Asrah Joyo Widono, dengan disaksikan oleh Ketua PSIK Universitas Jember, Lantin Sulistyorini. Pelantikan para Ners baru yang dilaksanakan di Gedung Kauje ini (2/6) adalah pelantikan Ners periode III tahun akademik 2015/2016. Upacara pelantikan juga dihadiri oleh Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan.

Dalam pidato pelantikannya, Rektor memuji lulusan Ners kali ini yang kesemuanya lulus dengan Indeks Prestasi yang bagus. Menurutnya pencapaian tersebut telah dilalui dengan segenap perjuangan dan kerja keras. Namun, Moh. Hasan mengingatkan bahwa, nilai yang baik harus dilandasi dengan kekuatan moral yang baik pula. Oleh karena itu, masih dalam suasana peringatan Hari Lahir Pancasila, Rektor mengajak para Ners baru untuk selalu menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber pedoman dalam praktik keperawatan. “Tadi sudah kita dengar bersama hymne Universitas Jember yang syairnya berbunyi …hanya Pancasila tiada dasar lainnya. Maka mari kita semua bertindak dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, termasuk bagi para Ners baru saat nanti berkiprah sebagai perawat,” himbau Moh. Hasan.

Sementara itu Ketua PSIK Universitas Jember, Lantin Sulistyorini, menambahkan bahwa seluruh Ners baru yang dilantik diharapkan siap bersaing di dunia kerja, apalagi saat ini profesi perawat adalah salah satu profesi yang terkena kebijakan pasar bebas di era Masyarakat Ekonomi ASEAN, sehingga akan bersaing dengan perawat lain dari sesama negara ASEAN. “Saya yakin lulusan kita mampu bersaing karena sudah dibekali dengan ilmu keperawatan dan kemampuan empati berbasis asuhan keperawatan komunitas,” ujarnya.

Dari laporan Sekertaris I PSIK, Wantiyah, dari enam belas Ners baru yang dilantik, terdapat tujuh Ners yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna yakni IPK 4. Sementara sembilan Ners lainnya meraih IPK paling rendah 3,81. Sementara untuk lulusan terbaik diraih oleh Ners Anas Akmal Huluqi, S.Kep, yang mendapatkan penghargaan langsung dari Ketua PSIK Universitas Jember, Lantin Sulistyorini. (iim)

Leave us a Comment