Jajaran Pengurus UKM di Universitas Jember Dilantik

Ormawa-UNEJ-630x330px

Ormawa3Jember, 7 April 2017

Seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas di kampus Tegalboto kini resmi memiliki jajaran pengurus yang baru. Kepengurusan yang baru ini ditandai dengan pelantikan oleh Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), hari Kamis lalu (6/4). Sebanyak 34 orang Ketua UKM tingkat universitas turut dilantik, mereka adalah perwakilan pengurus UKM bakat minat bidang olahraga, UKM bakat minat bidang kesenian, UKM bakat minat khusus, UKM bidang penalaran, UKM bidang kewirausahaan, dan UKM bidang kerohanian.

Dalam sambutan pelantikannya, Zulfikar, Wakil Rektor I, mengharapkan agar segenap jajaran pengurus UKM tingkat universitas mampu menjaga amanah yang telah dipercayakan. Dirinya juga berharap agar kesempatan menjadi pengurus dijadikan sebagai wahana pengembangan diri, kemampuan berorganisasi dan pendidikan kepemimpinan. “Menjadi pengurus UKM adalah kehormatan dan kesempatan yang baik bagi Anda semua, karena tidak semua mahasiswa bisa mendapatkannya. Ada dua puluh tujuh ribu mahasiswa Universitas Jember, namun hanya orang-orang yang terpilih bisa menjadi pengurus, oleh karena itu jagalah amanah ini,” pesannya.

Zulfikar juga mengharapkan agar para pembina UKM lebih fokus melakukan pembinaan, pasalnya kinerja dan prestasi mahasiswa saat ini menjadi salah satu item penilaian pemeringkatan perguruan tinggi. “Pembina UKM harus lebih intens dalam mendampingi pengurus yang baru, agar program yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik, termasuk lebih aktif lebih dalam memberikan evaluasi,” kata Zulfikar lagi. Di hadapan hadirin yang terdiri dari para Wakil Dekan III, pembina UKM, perwakilan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), Zulfikar kembali mengingatkan agar fakultas yang belum memiliki BEM dan BPM segera membentuk dua lembaga tersebut, karena keberadaannya berperan penting dalam memajukan UKM yang ada.

Sementara itu ditemui usai acara pelantikan, Ni Putu Ayu, pengurus UKM Kerohanian Hindu yang juga mahasiswi FKIP angkatan 2015 bertekad memperkuat kerjasama diantara pengurus agar program-program yang sudah diagendakan dapat terlaksana. Sedangkan Moch. Nurcholis, Ketua UKM Kesenian sudah mempersiapkan program yang bakal diwujudkan dalam waktu dekat. “Kami di UKM Kesenian sudah mengagendakan acara tahunan lomba musik Patrol yang bakal digelar di bulan Ramadhan nanti,” tutur mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini.

            Kepengurusan 34 UKM tingkat universitas yang dilantik antara lain UKM Kerohanian yang meliputi Lembaga Dakwah Kampus, Kerohanian Hindu, Kristen, dan Katolik. UKM bakat dan Bidang Olahraga seperti UKM Bridge, UKM Inkai, UKM Bola Basket dan lainnya. Sementara untuk UKM bidang kesenian antara lain UKM Reog Sardulo Anurogo, UKM Kesenian, dan lainnya. Turut dulantik pengurus UKM Pelita sebagai UKM bidang penalaran, UKM Koperasi Mahasiswa sebagai UKM bidang kewirausahaan, serta UKM Resimen Mahasiswa, UKM Pers Kampus Tegalboto, dan UKM lainnya yang masuk dalam UKM bakat minat khusus. (nis/del)

Leave us a Comment